Camat Banyuresmi : Desa Cimareme Dukung Program Ketahanan Pangan Penanaman Kacang Koro -->

Camat Banyuresmi : Desa Cimareme Dukung Program Ketahanan Pangan Penanaman Kacang Koro

25 Sep 2022, September 25, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Pemerintah Desa Cimereme, menerima kunjungan Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K. S.H. M.Si, dalam rangka penanaman kacang koro di Kampung Cikadongdong Rw 02 Area Gabus, Desa Cimareme, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jum'at, 23 September 2022.

Dalam kesempatan tersebut Camat Banyuresmi Kabupaten Garut, Dra. Hj. Eti Nurul Hayati, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicakaonk, S.I. K. SH, M.Si, yang telah bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Desa Cimareme, dalam rangka mendukung ketahanan pangan dengan penanaman kacang koro sebagai pengganti kacang kedelai yang kian berkurang untuk bahan baku tahu dan tempe. 

Menurutnya tidak akan sulit untuk mendapatkan pemasarannya apabila panen nanti, koperasi yang di ketuai Pak Dadi dapat menerima langsung dengan harga yang maksimal, sehingga petani tidak rugi. Selain itu juga Pak Dadi mengajak untuk tanam pepaya, jadi bisa tanam tumpangsari, Ini akan lebih mantap.

Kita berharap ke depan kerawanan pangan bisa teratasi dengan sejak dini, dengan adanya sosialisasi penanaman kacang koro ini. Selain itu kita berharap semoga kelompok tani lainnya bisa mengikuti menanam kacang koro ini di Desa masing-masing.

"Adapun lahan tanam kacang koro ini milik Pak Kades Cimareme yang sangat luas dan indah pemandangannya, karena dikelilingi 7 bukit dan danau, kedepan tempat ini bisa dijadikan Destinasi Wisata yang sangat luar biasa. Semoga berkah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat sekitarnya" Aamiin. Pungkas Camat Banyuresmi.
Ditempat yang sama, Kepala Desa Cimareme Jajang Haerudin mengucapkan berterima kasih kepada Bapak Kapolres Garut yang telah menjadikan Desa Cimareme untuk dijadikan percontohan untuk penanaman kacang koro, untuk ketahanan pangan nasional.

Selain itu dengan adanya penjelasan Beliau, itu menambah pengetahuan atau wawasan bagai kelompok pertanian, khusus di warga masyarakat kami Desa Cimareme. 

Selain dari itu penanaman kacang koro ini untuk pengganti kacang kedelai, Saya anggap ini lebih bagus yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian di warga masyarakat.

Untuk Desa Cimareme sendiri suadah disiapkan dan ditargetkan untuk penanaman kacang koro, dua hektare menjadikan tiga atau empat titik, Alhamdulillah dari 129 hakater tanah ini milik Pribadi Kepala Desa, yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

Sementara satu hektare lagi yang ditanami kacang koro, untuk kelompok tani yang ada di Desa Cimareme, sehingga diharapkan nantinya biar bisa mengembangkan kepada warga yang lainnya.  Pungkasnya 

Jurnalis: (Beni)

TerPopuler