Header Ads

Isi Kegiatan Menjelang Tahun Baru Dengan Kegiatan Long March,Saka Wira Kartika Kodim Salatiga Tempuh Perjalanan 17 Km




Asporasijabar.net - Salatiga, Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.


“Kami selaku Pembina Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga tentunya sangat mendukung dan berupaya untuk memfasilitasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Adik adik Pramuka Ini,kegiatan positif ini tentunya akan membentuk Karakter dan mental bagi generasi muda Indonesia”disampaikan oleh Pasiter pada saat melepas keberangkatan Peserta LLK dari Kodim 0714/Salatiga

“Hati hati dalam perjalanan,utamakan faktor keselamatan dan kesehatan,sekiranya ada yang alami gangguan kesehatan ditengah perjalanan segera melapor ke Pembina”tambah Kapten Inf Untung Hardjanto.

Sebelum melaksanakan Long March anggota Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga melaksanakan pengecekan kesehatan yang dilaksanakan oleh personel dari DKT RS Dr Asmir Salatiga.

Seperti Tradisi tahunan Saka Wirakartika 0714 Kodim 0714 Salatiga yaitu Long March Lintas Koramil (LLK) tahun 2019 kembali dilaksanakan sebagai sarana melatih anggota dalam hal daya tahan baik fisik maupun mental, yang dilaksanakan setiap Tahunnya ini

LLK 2019 yang dilaksanakan Rabu (31/12) ini mengambil rute Start dihalaman koramil 04/bringin,menuju pasar bringin krajan, pondok desa popongan,Desa petet.,desa gendor,desa cikalan,Desa slamet,desa padaan,desa pejaten,desa belon,desa wonogaten,desa klatak.,desa  tegal sate,desa godean,desa setro,desa karang pete,dan finish halaman Kodim 0714/Salatiga.

Perjalanan LLK 2019 dari Koramil 04/Bringin ke Kodim Salatiga melalui wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, diikuti 60 orang anggota, pamong saka serta dikawal oleh anggota Kodim Salatiga.esok harinya mereka bersama anggota Kodim Salatiga akan melaksanakan kegiatan Resik Resik Kutha.(Pendim0714)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.