Gugus Tugas Covid-19 Optimalkan Sosialisasi Jelang Test Swab Massal Di Pasar Parung -->

Gugus Tugas Covid-19 Optimalkan Sosialisasi Jelang Test Swab Massal Di Pasar Parung

3 Jul 2020, Juli 03, 2020
Pasang iklan



Aspirasijabar.net-Parung. Pemerintah Kecamatan Parung memaksimalkan waktu jelang pelaksanaan tes swab massal gratia yang akan di gelar Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan Parung bersama petugas lintas SKPD  di pasar Parung, Senin 6 Juli 2020 mendatang.

Hal itu terbukti dengan gencarnya petugas Unit Satpol PP Kecamatan Parung, bersama Unit Pasar Parung PD Pasar Tohaga, melakukan kegiatan wawar (sosialisasi) di seluruh area pasar tradisional terbesar di wilayah Utara Kabupaten Bogor tersebut. "Giat wawar ini bertujuan memberikan pemahaman utuh kepada pedagang dan masyarakat tentang apa itu tes swab dan kegunaannya. Sehingga tidak ada rasa ketakutan dan semua bisa berpartisipasi," ujar Yudi Santosa, Jum'at (3/7/2020).

Camat Parung menjelaskan, tes swab massal gratis tersebut diadakan guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Ditargetkan dalam giat ini, sambungnya, sekitar 150 orang pedagang dan warga dapat mengikuti screening swab test covid-19. "Waktu pelaksanaan giat hari Senin, 6 Juli 2020 mulai jam 8.00. Kegiatan ini dilakukan meliputi Pasar Tohaga, Pasar Hewan, Pasar Raya, Pasar Ikan Hias, Pasar Lugina
dan Pertokoan Kita Jaya," papar Camat yang komunikatif ini.

Yudi Santosa menambahkan, tes swab massal diiutamakan untuk para pelaku usaha/pedagang di area Pasar Parung dan warga Kecamatan Parung yang mmiliki identitas diri (KTP). Dia menuturkan, pelaksanaan tes Swab kepada setiap orang hanya butuh waktu beberapa menit saja. Untuk hasilnya akan diberitahukan kepada yang bersangkutan langsung dan dijamin kerahasiaannya. "Lalu apabila hasil test swab tersebut ditemukan ada yang positif, saya pastikan tidak akan ada penutupan pasar ataupun toko. Tetapi akan dilindungi dan dibantu dalam penyembuhannya."' pungkas Yudi Santosa.

Sementara Endang Darmawan, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) ex-officio Kanit Pol PP Kecamatan Parung menjelaskan, sesuai arahan Camat Parung pihaknya telah melakukan wawar (sosialisasi) sejak beberapa hari lalu. "Kami sudah sosialisasi ke seluruh area pasar. Akan terus dilakukan hingga jelang hari pelaksanaan giat swab test tersebut." Ucapnya.

Terpisah, Kepala Unit Pasar Parung PD Pasar Tohaga Adang Iskandar menjelaskan, sosialisasi atau wawar dilakukan mengingat luasnya area serta banyaknya jumlah pedagang di pasar tersebut. Dirinya juga optimis, pelaksanaan giat tes swab akan berjalan partisipatif dan lancar, karena pernah dilakukan test SWAB secara random (acak) beberapa waktu lalu oleh petugas gabungan dipimpin Camat Parung. "Waktu itu tes swab dilakukan random (acak) pada 25 orang pedagang dan pengunjung. Alhamdulillah hasilnya negatif semua. Semoga pasar ini terbebas dari Covid-19." Tegas Andang Iskandar.




~ Petugas Unit Satpol PP Kecamatan Parung bersama petugas unit Pasar Parung melakukan wawar/sosialisasi secara rutin tentang pelaksanaan tes swab massal gratis yang akan dilakukan di pasar tersebut, Senin 6 Juli 2020 mendatang.

( Boim / Fahri Ketua FWHBU ) 

TerPopuler