Header Ads

Gugus Tugas Covid-19 Rumpin Datangi Ponpes AL-MULTAZAM Sosialisasikan Protokol Kesehatan Penerimaan Santri



Aspirasijabar.net-Rumpin,Bogor. Tim gugus tugas tingkat Kecamatan Rumpin mendatangi pondok pesantren (Ponpes) Al-Mutazam di Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Ponpes yang juga memiliki satuan pendidikan tingkat SLTP dan SLTA tersebut dikunjungi Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Rumpin guna memastikan bahwa proses penerimaan santri/santriwati serta murid baru di ponpes dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ponpes Al-Multazam dan dua sekolah yang ada, saat ini memiliki jumlah siswa dan santri sebanyak 700 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pihak Yayasan Al-Mutazam sendiri berkomitmen menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 ini. "Sudah ada beberapa hal yang tersedia, namun adapula yang masih kurang. Seperti fasilitas tempat cuci tangan, disinfektan, hand sanitazer dan tempat sampah," kata Muhamad Jamhuri, Pengasuh Ponpes Al-Multazam saat di temui awak media, Kamis (2/7/2020).

Ia mengatakan, pihaknya telah menerima arahan dari tim gugus tugas Covid-19 Kecamatan Rumpin, agar para santri sebelum masuk sudah membawa hasil rapid tes dari tempat tinggalnya masing-masing. Pihaknya juga berjanji akan menyediakan tim kesehatan dan tenaga Dokter yang ahli di bidang rapid tes untuk memeriksa para santri dan siswa. "Kami akan mengarahkan, sebelum datang kesini, mereka (santri/pelajar) telah melakukan rapid tes di wilayahnya dan datang sudah membawa hasil yang negatif," papar Jamhuri, sapaannya.

Jamhuri menambahkan, saat ini memang banyak calon santri yang mendaftar ke ponpes Al-Mutazam dari berbagai daerah di Indomesia yaitu, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Sementara waktu pendaftaran santri/murid baru, sambungnya, sudah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2020, dengan menggunakan sistem online dan ujian online. "Memang dilematis, satu sisi santri/murid serta orangtua nya ingin kenal dan datang langsung, tapi di sisi lain kami juga harus mengikuti anjuran protokol kesehatan Covid-19 dari gugus tugas Kecamatan Rumpin." Pungkasnya. 

Kepala Puskesmas Cicangkal dokter Tatik Yuniarti yang datang ke ponpes tersebut mengatakan, pihak Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Rumpin menyarankan dan meminta pihak yayasan Al-Mutazam untuk menjalankan protokol kesehatan saat memrima santri/murid baru. Diantaranya melakukan cek suhu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak," ungkap dr Tatik Yuniarti. Dia juga berharap, agar sebelum santri/mutid masuk ke lingkungan pesantren, telah dilakukan screening rapid test Covid-19 terlebih dahulu. "Sehingga ada deteksi dini dan jangan sampai kecolongan. Apalagi sampai terbentuk cluster Covid-19 baru di pesantren." Himbaunya.




~ Tim gugus tugas tingkat Kecamatan Rumpin mendatangi pondok pesantren (Ponpes) Al-Mutazam di Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Ponpes yang juga memiliki satuan pendidikan tingkat SLTP dan SLTA tersebut dikunjungi Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Rumpin guna memastikan bahwa proses penerimaan santri/santriwati serta murid baru di ponpes dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

( Boim / Fahri Ketua FWHBU )

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.