Peringatan Milad 27 Tahun Dompet Dhuafa #Harmoni Kebaikan Dilakukan Secara Online -->

Peringatan Milad 27 Tahun Dompet Dhuafa #Harmoni Kebaikan Dilakukan Secara Online

3 Jul 2020, Juli 03, 2020
Pasang iklan


Aspirasijabar.net-Jakarta. Hari ulang tahun ke 27 Dompet Dhuafa (DD) diperingati dengan perhelatan online di chanel YouTube Dompet Dhuafa TV, Kamis (2/7/2020). Gelaran peringatan HUT DD tersebut mengusung tema 27 Tahun Harmoni Kebaikan.

Diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya, rangkaian acara milad online dibuka dengan ucapan terima kasih dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, yang menarik di Dompet Dhuafa adalah pendekatan gerakan, yaitu melibatkan semua, membuat merasa punya, kepemilikan atas semua masalah, punya keterlibatan untuk semua bergerak langsung dan prinsip gerakan akan selalu diiringi dengan suasana gotong royong. 

"Jenis pendekatan semacam ini harus dipertahankan. Semoga kerja bersama, kerja keras dan kerja ikhlas dari relawan Dompet Dhuafa akan menjadi berkah kita semua." Ujar Anies Baswedan.

Selanjutnya, Parni Hadi, selaku Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa menyampaikan pesan melalui bait-bait puisi, seperti yang tertuang dalam penggalan puisinya berikut. “Tanggal 2 Juli 2020, DD, Dompet Dhuafa genap berusia 27 Tahun, tumbuh pesat dengan niat dan tekad kuat menebar manfaat. Ibarat pohon tumbuh besar, berdaun rimbun. Tempat bernaung, berlindung. Selamat milad, semoga tumbuh terus, lebih sehat, bermanfaat dan bermartabat. Mari Kita rawat bersama dengan penuh cinta”.

Parni Hadi menegaskan, DD wajib membantu mereka yang menderita, sengsara nestapa, agar bisa terseyum dan tertawa, bangkit, berdaya dan berjaya. Hal tersebut dilakukan melalui aneka upaya pemberdayaan gaya baru yaitu dengan welas asih dan kewirausahaan berpadu, filantropreneur, belas kasihan dengan semangat wirausaha, kewirausahaan dengan ruh cinta kasih. 

Dia menambahkan, dengan bisnis dan tanggung jawab sosial serta berkeadilan. Sehingga rugi untung ditanggung, demi kebahagiaan bersama dan sesama. "Terima kasih para muzaki dan mustahik, donatur dan penerima manfaat. Kami hanyalah alat, perantara belaka, antara anda berdua, berkat ridha Allah, Sang Maha Pecinta." Jelas Parni Hadi dalam penutup puisinya.




Sementara Nasyith Majidi, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa menerangkan tentang Milad 27 tahun Dompet Dhuafa mengangkat tema #Harmonikebaikan. Dia memaparkan, harmoni memiliki filsafah sendiri setiap kalimatnya. "Har dari Harapan yang namanya Dhuafa pasti memiliki Harapan kebutuhan. Minimalnya adalah sandang, pangan, papan, pendidikan serta kesehatan," ujarnya.

Nasyit Majidi melanjutkan, Mon nya adalah permohonan. Yaitu, aspek yang diharapkan oleh pemilik dana yang dititipkan kepada DD dalam bentuk dana Zakat, Infak, Sedekah atau wakaf (ZISWAF) untuk dapat menciptakan manfaat sebesarnya. "Sehingga, pahala yang ditimbulkan dari pengolahan itu maksimal. Bahasa sekarang sosial impactnya tinggi yang di harmonikan adalah kegiatan Dompet Dhuafa harus penuh inisiatif. Supaya maksimum impact terhadap dhuafa atau sosial impact-nya maksimal. Itulah harmoni kebaikan bersama untuk mengangkat martabat kaum dhuafa." Pungkasnya.

Keseruan milad 27 tahun DD bertambah dengan penampilan berbagai kesenian dan budaya dari sejumlah jaringan Dompet Dhuafa di berbagai wilayah Indonesia. Selanjutnya, ditampilkan rangkaian ucapan milad dari berbagai pejabat daerah, pengelola lembaga zakat maupun lembaga kemanusiaan, praktisi media massa, influencer hingga tokoh masyarakat, termasuk ucapan selamat dari Dubes Korea Selatan.


 

Acara pun makin semarak dengan penampilan karya lagu dari grub band Cokelat dan Anisa Rahman. Sesi berikutnya acara juga diisi tausyiah dari KH. Wahfiudin Sakam MBA. selaku Dewan Syariah DD. Pada akhir acara, diadakan simbolis pemotongan tumpeng dari manajemen Dompet Dhuafa dan diterima langsung oleh perwakilan office boy, serta security.

( Boim / Fahri Ketua FWHBU )

TerPopuler