Temui Kejari Tondano, Warga Kayuwatu Lapor Dugaan Korupsi DD/ADD/Pamsimas 2015 -->

Temui Kejari Tondano, Warga Kayuwatu Lapor Dugaan Korupsi DD/ADD/Pamsimas 2015

3 Jul 2020, Juli 03, 2020
Pasang iklan



Aspirasijabar || MINAHASA - Masyarakat Kayuwatu menemui Kejaksaan Negeri Tondano untuk melaporkan dugaan korupsi DD/ADD/PAMSIMAS dari thn 2015 hingga 2019 di Desa Kayuwatu, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa. 

Pelapor, masyarakat yang di advokasi/didampingi GERAKAN MASYARAKAT PERANGI KORUPSI (GMPK) MINAHASA mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri di Tondano, pada Rabu, 2 Juli 2020.  

Hukum Tua Desa Kayuwatu serta Panitia Program Nasional 
Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) diduga menyalahgunakan uang Negara sebesar Rp. 3,5 milyard dari total anggaran yang diterima Desa Kayuwatu (DD/ADD/PAMSIMAS) yang sudah tembus Rp, 5,5 milyar. 

Pelapor menyerahkan alat alat bukti berupa Dokumen, Saksi, Petunjuk, fakta lapangan dan keterangan ahli.

Atas laporan ini Irjen. Pol. Purn. Dr. Bibit Samad Rianto pendiri/ KETUA UMUM GMPK/Ketua SATGAS DANA DESA mengatakan bahwa hal ini adalah temuan dugaan korupsi yang luar biasa untuk kelas Desa. 

"Saya mengajak masyarakat kawal dengan santun dan tetap menghormati kerja penyidik dan terima kasih pada teman teman GMPK Minahasa atas kerja tulus ini, terus jaga integritas diri dan GMPK. Jangan jadi pribadi yang berteriak Anti Korupsi karena tak punya kesempatan untuk berkorupsi, "ujar Bibit Rianto. 

Sementara itu Tira Agustina, SH, MH, kepala seksi Pidana Khusus, Kejari Minahasa mengatakan setiap laporan masyarakat pasti dilayani dengan  profesional. 

"Laporan temuan ini akan kami dalami,"ujarnya.

Sementara itu temuan dugaan korupsi ini menurut Maurits Ut Palilingan Ketua GMPK Minahasa merupakan hasil investigasi yang mendalam dan menyeluruh/komprehensif. 

"Tak sekedar meneropong kerugian Negara tetapi dampak dari perbuatan korupsi ini telah menggrogoti aspek aspek Budaya, Sosial, Ekonomi dari Desa tersebut. 

Penggelembungan biaya proyek, memanipulasi laporan program Padat Karya Tunai yang dijadikan kerja bakti,  dan hal lainnya, "ujar ketua Maurits didampingi, Decky Karauwan koordinator pelaporan dan Frangklin Manitik koordinator Investigasi GMPK Minahasa.

( A'Run )

TerPopuler