Babinsa Ramil 21/Mdt Bantu Petani Matang Nibong Panen Tomat, Di Tengah Pandemi Covid-19. -->

Babinsa Ramil 21/Mdt Bantu Petani Matang Nibong Panen Tomat, Di Tengah Pandemi Covid-19.

8 Okt 2020, Oktober 08, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Aceh Timur- Ditengah Pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 21/Madat Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Miswadi membantu petani merawat dan memanen tanaman tomat yang tumbuh subur di lahan kosong milik warga, Gampong Matang Nibong, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh timur, Rabu (07-10-2020).

Lahan kosong tersebut milik Bapak Ismail dengan luas lebih kurang 3 rante yang kemudian dimanfaatkan olehnya untuk ditanami tomat.

Perawatan batang tomat sangat diperlukan, tanaman tomat yang subur, agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawatan pada cabe, yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu pemberian tali atau penopang pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari, "kata Babinsa.

Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Sedangkan pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik.
Pemanenan buah tomat biasanya masa panen buah tomat adalah 3 bulan dari penanaman namun ini tentunya sangat bervariasi tergantung jenis dan kesuburan tanaman, "jelasnya.

Petiklah tomat yang sudah mulai matang yang di tunjukkan dengan adanya perubahan warna hijau ke orange, lakukan pemetikan 2 hari sekali di karenakan buah tomat tidak matang secara bersamaan.

Petani di desa Nibong mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan serta panen ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Bahkan Babinsa ini bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, para TNI ini juga membantu pengolahan di persawahan seperti padi, jagung dan kedelai yang merupakan program swasembada pangan pada masa pandemi virus Corona.

"Kami tentunya sangat senang dan selalu mendoakan TNI selalu sehat serta sukses dalam menjalankan tugas setiap hari, "pungkasnya.

 ( Red )

TerPopuler