TNI Kembali Lumpuhkan Anggota KKSB Yang Diduga Hendak Serang Pesawat Di Bandara Bilorai Papua -->

TNI Kembali Lumpuhkan Anggota KKSB Yang Diduga Hendak Serang Pesawat Di Bandara Bilorai Papua

8 Okt 2020, Oktober 08, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Papua- Pasukan TNI kembali melumpuhkan anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang diduga hendak melakukan serangan di Bandara Bilorai Sugapa, Intan Jaya Papua. Hal tersebut  disampaikan Kepala Penerangan  (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, di Papua, Rabu (7/10/2020).

Kapen Kogabwilhan III menjelaskan bahwa, rencana penyerangan Bandara Bilorai tersebut dapat digagalkan oleh prajurit TNI yang sedang melakukan patroli pengamanan di sekitar wilayah Bandara Bilorai. 

“Sekitar pukul 08.22 WIT prajurit TNI dari Yonif Raider 400/BR sedang melaksanakan patroli pengamanan Bandara Bilorai terlihat  dua orang mencurigakan bergerak dari arah bawah ke atas menuju Kampung Ugimba dengan cara mengendap-endap,” ujarnya

Selanjutnya prajurit yang melihat kejadian tersebut melaporkan kepada komando atas dan mendapat perintah untuk terus melakukan pengintaian. Saat sedang melakukan pengintaian terhadap dua orang yang mencurigakan tersebut, prajurit TNI melihat kedua orang tersebut masuk kedalam semak semak. 

Setelah keluar dari semak-semak disekitar Bandara Bilorai, salah seorang terlihat menenteng senjata laras panjang. Melihat orang yang dicurigai menenteng senjata, prajurit TNI tidak lantas melakukan tembakan terbidik, namun memberikan tembakan peringatan ke udara untuk menangkap kedua orng tersebut.

Mendapat tembakan peringatan kedua orang tersebut berusaha melarikan diri sehingga Aparat melakukan tembakan untuk melumpuhkan. Tembakan diketahui mengenai salah seorang diantaranya di lengan kiri. Usai tertembak anggota KKSB tersebut melarikan diri kearah semak belukar yang ada di sekitar Bandara Bilorai. 
Hingga saat ini pasukan TNI terus melakukan pengejaran didaerah sekitar Bandara untuk menangkap gerombolan KKSB yang sering melakukan tindakan pengacau keamanan khususnya pesawat sipil yang melakukan penerbangan di Bandara Bilorai.

Kapen Kogabwilhan III juga menegaskan bahwa kejadian terkait rencana penyerangan Bandara Bilorai membuktikan bahwa KKSB selalu membuat kekacauan dan penyerangan terhadap objek vital seperti Bandara. “Gerombolan KKSB secara terorganisir selalu melakukan serangan brutal  terhadap objek vital seperti penembakan pesawat sipil yang sedang membawa penumpang di bandara. Ancaman terhadap penerbangan sipil selalu dilakukan gerombolan KKSB seperti video viral yang disebarkanoleh salah satu tokoh KKSB,” ungkapnya

 ( Red )

TerPopuler