Header Ads

Camat Morotai Selatan Memfasilitasi Proses Pemindahan Kubur Dengan Menyediakan Lahan Pekuburan Baru

Aspirasijabar | Morotai- Pemerintah Kecamatan Morotai Selatan melakukan pemindahan tiga pekuburan warga karena, jalan yang baru di bangun di area CBD Gotalamo tepatnya di belakang Puskesmas Daruba itu mengenai lahan dan tiga pekuburan milik keluarga Mabuka.

Usaha pemindahan tersebut sempat di persoalkan dan di tolak oleh pihak keluarga Ibu Sarce Itje Mabuka yang juga sebagai ahli waris yang memiliki tanah tersebut dan tiga pekuburan itu termasuk sala satunya adalah suaminya.

Ahli Waris persoalkan karena, jalan yang sudah di buat itu melintas di atas tanah milik mereka serta mengenai tiga pekuburan yang hendak mau di pindahkan belum juga di bayar oleh pemerintah sehingga di pertahankan.

Sebagai ahli waris dirinya memintah agar lahan sisa seluas 3000 meter itu di bayar lebih dulu barulah di pindahkan tiga pekuburan yang bakal di buat jalan tersebut.

Selang beberapa menit komunikasi antara pihak keluarga bersama pihak kecamatan Persoalan pemindahan kubur akhirnya di sepakati oleh pihak keluarga dengan di buatnya berita acara bersama pihak pemerintah untuk di pindahkan ke pekuburan umum.

Camat Morotai Selatan Darmin Djaguna saat di konfirmasi soal pemindahan itu dirinya mengatakan, pemerintah kecamatan tugasnya memfasilitasi proses untuk pemindahan kubur sampai dengan penyediaan lahan pekuburan baru di lokasi pekuburan umum soal lahan yang belum dibayar tuntas  nanti dengan bagian Pemerintahan, tegas camat.
Sunardi Barakati, Penyebab pihak keluarga marah, yakni pada pembebasan lahan, awalnya di Kabag Pertama belum melakukan pembayaran lahan karena belum ada kesepekatan dari ahli waris.

Namun hari ini, pihak ahli waris dari Jakarta yaitu Christomus Mabuka pun sudah datang maka saya bisa janjikan kepada mereka karena kedua bela pihak ahli waris dari jakarta dan di Morotai sudah sepakat dan sudah proses administrasi untuk pembayaran sisa lahan yang belum terbayarkan.

Sisa lahan yang belum dibayar yakni sekitar 3000 meter, yang dibebaskan di dua tahun yang lalu, kemudian dari hasil kesepakatan, sisa lahan yang belum terbayarkan akan diserahkan kepada keluarga yang ada di Morotai yakni  Ibu Sarce Itje mabuka.

Untuk kapan pembayaran, karena saat ini sudah masuk di akhir tahun maka kami pastikan pembayaran di tahun 2021 dan itu saya bisa menjamin pasti di bayar karena semua pihak ahli waris sudah bersepakat.

Penulis :
                (oje)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.