BPP DARANGDAN GELAR BIMTEK PENGENDALIAN HAMA WERENG BAGI 56 POKTAN -->

BPP DARANGDAN GELAR BIMTEK PENGENDALIAN HAMA WERENG BAGI 56 POKTAN

Feb 6, 2021, February 06, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar || Purwakarta - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Darangdan Kabupaten Purwakarta Jawa barat mengelar Bimbingan Tekhnik (Bimtek) bagi 40-orang anggota Kelompok Tani (Poktan) mewakili dari 56-Poktan seKecamatan Darangdan tentang "Tanggap Hama Wereng" yang berlangsung pada Jum'at 05/02/2021 bertempat di aula BPP Darangdan, dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Acara Bimtek tersebut  menghadirkan Narasumber dari Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan  (BBPOPT) Jatisari Subang yakni Ibu Umi Kulsum, SP.Msi  yang didampingi 
Anto Sugianto petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan  (POPT) BPP Darangdan, 
Moderator  Bimtek Angga Saepul Holid, SP 
Penjelasan singkat  Narasumber, Strategi pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC) dari virus kerdil rumput dan kerdil hama.
"Adalah Insektisida Semprotan yang digunakan bila tidak atau kurang manjur, maka perlu didobel dengan memberikan Insektisida Sistematis melalui akar"
Kemudian Pengendalian Hama tikus sawah Pestisida Nabati.
"Pestisida Nabati adalah pestisida yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman" pada intinya kita harus memelihara dan  merawat tanaman harus lebih serius agar tidak terjadi gagal panen.

Menurut  Koordinator Mantri Tani BPP Darangdan Satom, SP yang di dampingi Kevin Derrian Firdaus,ST saat di konfirmasi Aspirasijabar, mengatakan kegiatan Bimtek ini dilaksanakan  dengan dibatasi peserta penghadir, dari 56-Kelompok Tani (Poktan) seKecamatan Darangdan hanya diwakili oleh 40-orang anggota, 
mengingat pandemi covid-19 masih meneror kita. "Ucap Satom,SP"

Satom menghimbau kepada seluruh anggota poktan untuk mewaspadai timbulnya bermacam hama, wereng coklat adalah salah satu hama utama pada tanaman padi dan merupakan salah satu hama global.
Keberadaannya akan semakin sulit dibasmi saat terjadi populasi yang disebabkan 
oleh adanya perubahan iklim.
Untuk itu perlu kita lakukan penyemprotan massal dan penyuluhan kepada para petani terkait teknik pencegahan dan mengendalikan hama wereng  coklat yang tepat.
Satom menghimbau kepada para petani untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan cara 3-M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. "Pungkasnya"

Penulis: Bah

TerPopuler