RSUD Morotai Naik Tipe Dari Tipe D ke Tipe C Ini Penjelasan Dirut Sud -->

RSUD Morotai Naik Tipe Dari Tipe D ke Tipe C Ini Penjelasan Dirut Sud

Mar 20, 2021, March 20, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Morotai- Dalam acara kenaikan kelas rsud moroai ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab.Pulau Morotai,yakni bapak Muhammad Kharie,Kamis-sabtu 20/3/2021 di aulah rsud morotai dan dihadiri kepala dinas PTSP,Kabag Hukum,Kadinkes&KB bersama kabid yankes dan beberapa kasie serta pemegang program yg terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya Sekda pulau morotai mengatakan bahwa menaikan tipe kelas RSUD ini adalah bagian dari peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit untuk menjadi lebih baik,karna sektor kesehatan sangatlah vital dan mempunyai peran penting dalam proses pembangunan suatu daerah pada kususnya dan negara pada umumnya. Apalah guna membangun fisik bangunan yg megah dan indah tapi tidak dibarengi dengan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) itu sama saja percuma.

Maka jika fisik bangunannya sudah bagus tentunya harus dibarengi juga dengan peningkatan status Rumah Sakit. 

Ditambahkan juga bahwa visi RSUD Morotai yakni “TOP” Terdepan,Optimal dan Proaktif, dalam pelayanan kesehatan tingkat Rujukan maka tentunya mengharuskan kita semua terus berbenah agar benar2 RSUD Morotai bisa menjadi yang terdepan dalam pelayanan kesehatan di Propinsi Maluku Utara.

Dalam selang waktu satu minggu berjalan ini,RSUD Morotai yang dipimpin Direktur dr. Novindra Humbas (dr.tonny.red) sukses menjalankan 2 agenda besar yakni pelatihan hiperbarik chamber dan Proses Visitasi Kenaikan Tipe/Kelas RSUD Morotai dari tipe/kelas D ke tipe/kelas C.

Dalam wawancara kami saat kegiatan visitasi kenaikan tipe/kelas Rumah Sakit,dr.tonnny mengatakan kalau sebenarnya,proses untuk menaikan tipe/kelas ini sudah berproses sejak awal tahun 2021,dimana dari tahapan persiapan,penyusunan dokumen,kelengkapan berkas,self assesment internal RSUD kemudian visitasi dari Dinkes Kabupaten yg dipimpin langsung Kadinkes dr.Is.

Dan semua tahapan ini sudah terpenuhi,sehingga tahapan yang terakhir adalah mendapatkan rekomendasi kenaikan tipe/kelas Rumah Sakit dari Dinas Kesehatan Propinsi yg nantinya sebagai dasar penetapan kenaikan tipe/kelas RSUD dan selanjutnya pengurusan izin operasional Rumah Sakit tipe c di dinas PTSP.

Dalam acara visitasi kenaikan tipe/kelas dari Dinkes Propinsi yg dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Propinsi yakni dr.Rara bersama timnya yg berlangsung 3 hari sejak kamis sampai sabtu ini,telah mengeluarkan rekomendasi RSUD Morotai layak naik kelas/tipe dari tipe D ke tipe C.

Visi misi RSUD TOP yakni Terdepan Optimal Proaktif ini dibenarkan Direktur RSUD dr.tonny saat mempresentasikan selayang pandang dan profil RSUD kepada tim visitasi dari dinkes propinsi.
Dr.tonny mengatakan kalo RSUD Morotai dari SDM (Sumber Daya Manusia,SDA (Sumber Daya Alat),Sarana dan Prasarana sudah setara dengan Rumah Sakit Tipe C.

Bahkan utk pelayanan hiperbarik chamber itu biasanya di Rumah Sakit tipe B,tapi kita RSuD Morotai sudah ada. Begitu juga sudah dibangun Ruangan Fisioterapi/Rehab medik dan bangunan hemodialisa yg semuanya ini bagian dari isi Rumah Sakit tipe B. Begitu juga dengan pemeriksaan Lab PCR sudah berjalan sejak tahun lalu di Lab RSUD Morotai.tutur dr Tonny.


Jurnalis : (Oje)

TerPopuler