Oprasi Keselamatan Lodaya 2021, Polres Majalengka Berikan Himbauan Dan Tindakan Pada Para Pengendara Yang Melanggar -->

Oprasi Keselamatan Lodaya 2021, Polres Majalengka Berikan Himbauan Dan Tindakan Pada Para Pengendara Yang Melanggar

Apr 12, 2021, April 12, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Majalengka - Operasi Keselamatan lodaya 2021 yang dilaksanakan serentak di Polres jajaran Polda Jabar salah satunya Polres Majalengka, Kegiatan itu dilaksanakan selama dua pekan mulai hari ini Senin, 12 April hinggal 25 April 2021.

Sedikit berbeda dengan Operasi Keselamatan biasanya, operasi kali ini selain untuk mengimbau keselamatan lalulintas pada pengendara, juga difokuskan untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar bersama - sama mencegah penyebaran virus Covid -19.

Seperti yang digelar Satgas Ops Keselamatan Lodaya Polres Majalengka, yaitu memberikan himbauan kepada para pengendara di sekitar Pos  Lantas Alun Alun Majalengka. Nampak Personil Satlantas menyampaikan himbauan terkait pencegahan virus Covid – 19 wajib memakai masker setiap keluar rumah dan terapkan 5 M dan jangan Lupa pakai helem bawa surat kendaraan Bila berkendara.

"Sesuai maklumat Kapolri tentang pembatasan sosial skala besar, maka selama Operasi Keselamatan Lodaya 2021, tidak ada razia kendaraan selama operasi ini. Kepolisian mengedepankan pola yang sifatnya imbauan pencegahan pelanggaran berlalu lintas yang berpotensi membahayakan pengemudi kepada masyarakat khususnya yang melaksanakan aktivitas di luar rumah," kata Kapolres Majalengka Akbp Syamsul Huda melalui Kasat Lantas AKP Lucky Martono. Senin (12/4/2021).

Keseluruhan personil yang tergabung dalam Operasi Keselamatan lodaya 2021 terbagi dalam 4 empat Satuan Tugas (Satgas) meliput Satgas Preemtif, Satgas Preventif,Satgas Gakum dan Satgas Bantuan. Selaku penanggungjawab Operasi Keselamatan Lodaya 2021.

Kasat Lantas mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri 2021 dan membentuk kesadaran kolektif masyarakat akan pentingnya disiplin social serta physical distancing melalui Satgas Preemtif.

“Dengan adanya Operasi Keselamatan ini, Satgas Preemtif akan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait wabah Virus Corona. Kita akan bersama-sama memutus rantai penyebaran virus dengan menerapkan 5M antar individu,” paparnya.

Sedangkan Satgas Preventif nantinya akan melaksanakan patroli sesuai kerawanan wilayah untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan. Selain itu juga menciptakan Kamseltibcar lantas di seluruh wilayah Kabupaten Majalengka.

Meski begitu, diimbau kepada seluruh masyarakat tetap diwajibkan memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara, sebab nantinya akan ada tim patroli Satlantas Polres Majalengka yang juga akan melakukan tindakan teguran kepada pelanggar yang kasat mata melakukan pelanggaran.

"Meski tidak ada razia dijalan, kami tempatkan tim patroli yang akan melakukan teguran terhadap pelanggar yang kasat mata seperti tidak memakai helm atau kelengkapan berkendaranya tidak memenuhi standar. Kemudian yang lawan arus atau berkendara dengan potensi laka lantas. Itu juga akan kami tindak," tambahnya.

Melihat kondisi wabah Covid 19 yang masih terus meningkat jumlah penderitanya, Kapolres Majalengka mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan tidak keluar di jalanan tanpa ada tujuan yang penting.

"Ini juga merupakan bagian dari arahan pemerintah pusat agar masyarakat juga tetap berada di rumah dan hindari kerumunan, Jaga kesehatan dengan menerapkan 5M di tengah wabah Covid-19. Kalau tidak terlalu urgent tolong tidak usah keluar rumah," tandasnya.


Red'

TerPopuler