RIDWAN KAMIL : PEMBANGUNAN MENARA KUJANG SAPASANG JATIGEDE JANUARI 2022 RAMPUNG! -->

RIDWAN KAMIL : PEMBANGUNAN MENARA KUJANG SAPASANG JATIGEDE JANUARI 2022 RAMPUNG!

23 Mei 2021, Mei 23, 2021
Pasang iklan
Aspiradijabar | Sumedang - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil meninjau titik lokasi rencana pembangunan menara Kujang Sapasang di Panenjoan Desa Jemah Kecamatan Jatigede, Minggu (23/5/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati, Kepala Dinas Perkimtan Gungun Gunawan, Kepala DPTMPTSP Asep Uus Ruspandi dan Camat Jatigede Widodo.

Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil mengatakan, pembangunan Kujang Sapasang iakan menjadi landmark baru Kabupaten Sumedang yang menandai lahirnya Jatigede sebagai kawasan pariwisata di Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat.

Menurut Emil, selama ini Jatigede hanya dikenal sebagai kawasan untuk kegiatan pengelolaan air. Tetapi dengan keindahan yang luar biasa berupa miniatur pulau, sawah dan pemukiman membuat warga tertarik untuk datang ke Jatigede. 

“Oleh karena itu, kita fasilitasi. Ada masjid sebagai tempat salat dan istirahat. Kemudian jembatan menghubungkan dua bukit. Di bukit akhir nanti berdiri kujang. Sepasang yang utama dan sepasang dalam skala kecil. Mudah-mudahan nanti setelah selesainya bisa menandai," ujarnya.

Dikatakan Kang Emil, Kujang Sapasang nanti menjadi spot menarik berupa 'view' dari atas menara seperti Menara Liberty di New York. Saat ini Pemprov sudah menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 100 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat.
Saat ini, kata Emil, pembangunan Kujang Sapasang beserta fasilitas pendukung lainnya sudah berada dalam proses lelang. Untuk masjid, rencananya pada 4 Juni 2021 mendatang proses pembangunannya sudah bisa dimulai
--
“Saat ini dalam proses lelang, untuk masjid sudah ada pemenang dan 4 Juni bisa dimulai sambil yang lainnya bisa kebut secepatnya. Target  bulan Januari 2022 bisa digunakan,” ungkapnya.
--
Lanjut dikatakan Kang Emil, di kawasan Jatigede terdapat beberapa spot yang sangat menarik. Ia menyayangkan jika kawasan Jatigede yang begitu luas dan memiliki keindahan alam tidak bisa memberi nilai tambah bagi warga di sekitar Jatigede.

Kaitan hal itu, ia menitipkan pesan kepada Bupati Sumedang untuk memberdayakan masyarakat lokal yang berada di sekitar Bendungan Jatigede sehingga bisa meningkatkan taraf perekonomian kesejahteraan masyarakat.

“Sayang sekali kalau kawasan seluas dan seindah ini tidak memberi nilai tambah sehingga warga yang sebelunnya tergeser oleh proyek Jatigede ini bisa mendapatkan ekonomi baru. Saya titip kepada Bupati maksimalkan orang lokal kampung sini agar menikmati kesejahteraan ekonomi,” pungkasnya.

Red,


TerPopuler