Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai Menyerahkan 202 Hewan Kurban Secara Simbolis -->

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai Menyerahkan 202 Hewan Kurban Secara Simbolis

18 Jul 2021, Juli 18, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Morotai - Dalam rangka Perayaan Hari Besar Idul Adha 1442H/2021M bagi umat muslim yang jatuh pada hari selasa tanggal 20 Juli 2021 mendatang, pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menyerahkan 202 hewan qurban, minggu (18/7/2021).

Bertempat di halaman masjid desa mira kec morotai timur,Bupati Benny Laos yang di wakili Sekretaris Daerah Kabupaten pulau morotai Andrias Thomas memberikan secara simbolis penyerahan hewan qurban tersebut sebanyak 200 ekor.

Hadir pula Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten III, Kepala Biro Kesra,Danlanud, Danlanal,kapolres,Kepala Dinas Sosial Kabupaten pulau morotai, Dinas perindakop,Dinas Pertanian, kementrian agama kab Pulau Morotai,Kabankesbangpol, Dinas perhubunga, Kaban BKD,kadis PTSP,kabag pemerintahan serta Camat mortim dan para imam se kabupaten pulau morotai, " Acara penyerahan bantuanpun dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini Bupati pulau morotai yang di wakili oleh sekda menympaikan sambutan.

kesempatan berharga ini saya ingin menyampaikan bahwa Hewan Qurban sejumlah 200 ekor ini dari seluruh Instansi yang ada di Kabupaten Pulau Morotai dan akan di salurkan ke warga muslim melalui Masjid yang telah dibentuk Panitia Qurban Sekabupaten Pulau Morotai.

Ini adalah bentuk Perhatian kami dalam menyambut Idhul Adha 1442 H / 2021 M mari kita maknai secara mendalam jangan sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan.

Idul adha bermakna keteladanan Nabi Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.

Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Nabi Ibrahim pada titah sang pencipta.

Atas dasar spirit itu, peringatan idul Adha dan ibadah qurban memiliki dua makna penting sekaligus.
Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik. kedua, makna sosial, di mana tuhan telah memerintah agar kita wajib melaksanakan perintahnya untuk sholat dan berkurban dalam konteks itu, kita di didik untuk memliki mental yang kuat dan memiliki memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. kurban adalah media ritual, selain zakat, infak, dan sedekah.

Kita jadikan nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan daerah kita kabupaten pulau morotai tercinta ini.

Setidaknya segenap pelaku pembangunan di daerah ini masih dituntut untuk mengorbankan egoisme dan ego-centrisme pribadi, maupun kelompok dengan hidup patuh dengan ajaran allah yang salah satunya tercermin dalam kepatuhan kita kepada Norma - norma, hukum dan peraturan – perundangan yang berlaku.

Sebagai Kabupaten Pulau Morotai yang terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas.

Setidaknya kita dituntut tenaga dan pemikiran kita untuk mencapai pembangunan yang lebih berhasil. bahkan bukan tidak mungkin kita dituntut pengorbanan materi bila untuk memenuhi kebutuhan pembangunan yang menyentuh masyarakat banyak," Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan untuk hidup patuh dan taat menurut ajaran allah sebagaimana dicontohkan para nabi dan rasul.

Saya menyampaikan Kondisi terkini bahwa saat ini semakin meningkat kasus penyebaran Covid 19, bahkan di Provinsi maluku Utara khususnya Ternate sudah di tetapkan sebagai Zona Merah, sejak tanggal 10 Juli s.d 17 Juli Hasil Pemeriksaan Sweb PCR diketahui bahwa dari Pelaku Perjalanan Laut yang terkonfirmasi Positif Covid 19 berjumlah 80 orang yang saat ini sedang melaksanakan perawatan di RSU dan melaksanakan Isolasi mandiri dalam Pengawasan Kesehatan.

Untuk mencegah penyebarannya mari kija jalankan Protokol Kesehatan dengan selalu mencuci tangan, memakai Masker dan menjaga jarak serta menjaga imunitas kita tetap terjaga.

Demikan sambutan ini, kami sampaikan dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai dengan Resmi menyerahkan 202 ekor sapi sebagai Hewan Kurban Kepada Panitia untuk disalurkan kepada Panitia Penyembeliah Qurban se Kabupaten Pulau Morotai.

Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai beserta segenap jajaran Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Adha 1442 H / 2021 M. Semoga Allah senantiasa memberi Kekuatan dan kemudahan dalam membangun Kabupaten Pulau Morotai.(oje)

TerPopuler