Dua Orang Siswa Taruna Nusantara Asal Langsa Wawancara Dandim 0104/Atim -->

Dua Orang Siswa Taruna Nusantara Asal Langsa Wawancara Dandim 0104/Atim

25 Okt 2021, Oktober 25, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Langsa - Dua siswa-siswi SMA Taruna Nusantara, yakni Muhafiz Valerian H.S dan Tiara Tutur Wibowo hari ini “sowan” ke Kodim 0104/Aceh Timur.

Mereka diterima langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han), di Markas Kodim 0104/Atim Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (25-10-2021) pagi.

Kedatangan kami menghadap Bapak Dandim 0104/Atim dalam rangka melaksanakan tugas mandiri siswa kelas X SMA Taruna Nusantara, untuk melakukan wawancara," ucap Muhafis mengawali perbincangan.

Ia menjelaskan, dimana wawancara atau interviu merupakan kegiatan tanya-jawab secara lisan untuk memperoleh informasi. Bentuk informasi yang diperoleh dinyatakan dalam tulisan, atau direkam secara audio, visual, atau audio visual. Wawancara merupakan kegiatan utama dalam kajian pengamatan.

Wawancara terhadap Babak Dandim ini merupakan tradisi akademik yang wajib dilaksanakan siswa-siswi SMA Taruna Nusantara pada kelas X, untuk dapat menggali ilmu dan menambah pengalaman dari seorang tokoh di wilayah atau salah satu Unsur Forkopimda Kota Langsa.

Pada kesempatan itu, Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) mengisahkan masa sekolah nya hingga bisa menjadi seorang TNI dan menjabat sebagai Dandim seperti saat ini," timpal Dandim sembari memperkenalkan diri.

Kita sebagai siswa harus memiliki konsep 0104 untuk menggapai cita-cita.
“Konsep 01, sebagai siswa kita harus memiliki tujuan. Sedangkan 04 artinya, siswa harus bisa merencanakan, pelaksanaan rencana (action atau do it), fokus dan terakhir berdoa,” sebut Dandim.

Artinya, kita harus memiliki tujuan, mau ke mana kita setelah menamatkan pendidikan, menjadi TNI-Polri, dokter, insinyur dan lain-lain. Setelah itu, rencanakan dengan matang untuk mewujudkan tujuan tersebut, ucap Dandim.

Selanjutnya, pelaksanaan rencana atau action, do it dari cita-cita yang kita inginkan mulai dilaksanakan. Kemudian, fokus dalam mengejar cita-cita yang kalian impian, terang  Dandim.

“Mengapa kita harus fokus, tantangan generasi muda saat ini sangat berat. Banyak hal-hal yang bisa menjerumuskan kalian dengan membuang waktu hanya dengan bermain game online, balapan liar, duduk di cafe-cafe hanya untuk melihat gadget,” jelasnya.

Terakhir, berdoa. Serahkan semua kepada Allah SWT, minta ridho dari orang tua dan guru-guru mu, jangan sekali-sekali membentak dan melawan. Kalau orang tua dan guru sudah ridho, maka kita akan mudah mencapai cita-cita yang kita inginkan, pungkas Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M. Tr.(Han) sembari berpesan kepada para siswa agar semangat menuntut ilmu sebagai bekal menggapai cita-cita.


Red, 

TerPopuler