Lestarikan Budaya Nugal Padi Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan -->

Lestarikan Budaya Nugal Padi Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

21 Nov 2021, November 21, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kalber - Muakan Petinggi, Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY lestarikan budaya Nugal Padi bersama warga di desa Muakan Petinggi Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau Minggu (21/11/2021).

Nugal Padi merupakan warisan budaya tradisi orang Dayak untuk mendapatkan hasil padi dengan cara bertanam dengan benih padi di ladang yang sudah di bersihkan sebelumnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian anggota Satgas untuk membantu Warga sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat yang ada di perbatasan", ucapannya.

Dikatakannya Pak Dana (49)", Nugal Padi ini sudah menjadi tradisi bagi warga kami dari nenek moyang terdahulu",kami juga mengucapkan terimakasih banyak atas kedatangan dan bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah membantu dalam pelaksanaan Nugal Padi", Pungkasnya.

Serka Eko dan tiga rekannya dari Pos Muakan SSK IV",Kami membantu warga dalam pelaksanaan Nugal Padi mulai dari penancapan tongkat kayu ke dalam lobang, dan memasukkan benih padi ke dalam tanah,kita harus membantu masyarakat serta mampu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat yang ada di perbatasan", imbuhnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan selalu mengedepankan protokol kesehatan.


Sumber : (Pen Yonif 144/JY)

Red, 

TerPopuler