Tim Cucun Centre Bantu Warga Korban Banjir Bandang di Kertasari Kabupaten Bandung -->

Tim Cucun Centre Bantu Warga Korban Banjir Bandang di Kertasari Kabupaten Bandung

8 Nov 2021, November 08, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kab.Bandung - Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal kembali mengintruksikan Tim Cucun Centre untuk bergerak cepat ke lapangan, setelah mendapat kabar terjadi bencana banjir bandang di Perkebunan PTPN VIII RW 05 Dusun Papandayan Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada Sabtu (6/11/2021) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

“Pada hari ini, Tim Cucun Centre menuju lokasi bencana banjir bandang untuk memberikan bantuan kepada para korban,” kata Kang Cucun, panggilan akrab Cucun Ahmad Syamsurijal kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Belum saja tuntas penanganan bencana longsor di Desa Margamulya dan Pulosari Kecamatan Pangalengan, imbuh Kang Cucun, puluhan warga di Dusun Papandayan Desa Neglawangi sudah dihadapkan pada bencana alam banjir bandang yang diakibatkan luapan Sungai Papandayan yang hulunya di kawasan Kabupaten Garut.

Mengingat lokasi kejadian berbatasan dua daerah, yaitu Kabupaten Bandung dan Garut. Bencana banjir bandang di kawasan Perkebunan PTPN VIII itu, setelah sebelumnya turun hujan deras di hulu Sungai Papandayan.

“Saya secara pribadi maupun anggota legislatif, terus terang merasa prihatin apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di Desa Neglawangi tersebut. Dalam kejadian banjir bandang itu, sejumlah kepala keluarga terpaksa harus mengungsi karena rumahnya mengalami rusak berat,” tutur Kang Cucun.

Masyarakat di Indonesia secara umum belum saja reda dihantam pandemi Covid-19 dan berdampak pada berbagai sektor dan sendi-sendi kehidupan, imbuh Kang Cucun, dalam beberapa hari ini sejumlah warga dihadapkan pada musibah atau bencana alam yang tidak diharapkan. Ia berharap, pascakejadian banjir bandang itu ada tindaklanjuti penanganan dan solusi terbaik untuk menghindari kejadian serupa yang tidak diharapkan.
“Untuk itu, masyarakat yang ada di dekat bantaran sungai, senantiasa harus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman bencana banjir bandang.

Mengingat musim hujan baru awal terjadi, dan diperkirakan potensi curah hujan masih tinggi dalam beberapa bulan kedepan,” kata Anggota Komisi III DPR RI ini.

Kang Cucun berharap ada deteksi dini untuk mengurangi risiko ancaman bencana banjir bandang maupun longsor di lokasi rawan bencana yang dilakukan sejumlah pihak. “Memang kita tak pernah tahu kapan bencana alam itu bakal terjadi.

Tetapi kita sebagai umat, tentunya diwajibkan untuk selalu ikhtiar dan berusaha dalam upaya mengurangi risiko bencana alam yang bakal terjadi akibat ulah manusia itu sendiri.

Misalnya, bencana banjir bandang itu disebabkan oleh kerusakan alam, maka kita sebagai manusia harus bisa menjaga kelestarian alam, bukan merusak lingkungan. Kerusakan lingkungan salah satu penyebab terjadinya bencana,” tutur Kang Cucun.

Jika melihat risiko ancaman bencana banjir bandang masih bakal terjadi, lanjut Wakil Ketua Banggar di DPR RI ini, sebaiknya warga yang semula memiliki rumah dekat bantaran sungai, harus menghindarinya ketika musim hujan terjadi.

“Untuk itu, Tim Cucun Centre berusaha untuk menjalin komunikasi dengan warga yang terdampak bencana alam banjir bandang tersebut. Semoga warga yang terdampak banjir bandang tersebut tetap diberikan kesehatan dan keselamatan


Pewarta : (Emur permadi)

TerPopuler