Anak Korban Kekerasan Seksual Terpidana Mati Herry Wirawan diserahkan kepada Pemerintah Jawa Barat -->

Anak Korban Kekerasan Seksual Terpidana Mati Herry Wirawan diserahkan kepada Pemerintah Jawa Barat

6 Apr 2022, April 06, 2022
Pasang iklan

Terdakwa kasus pemerkosaan terhadap 13 santri Herry Wirawan digiring petugas menuju mobil tahanan usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (11/1/2022).

Aspirasijabar | Bandung - Sembilan anak Balita dan 13 santri usia anak korban  kekerasan seksual terpidana mati Herry Wirawan oleh keputusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat diserahkan pengasuhan dan perlidungannys  kepada Pemerintah Jawa Barat. Pengadilan juga memerintahkan untuk menyita semua aset yang dimiliki Herru Wirawan untuk dihibahkan koran.Jakarta 05/04/22 : 

Vonis hukuman mati terhadap predator seksual anak di Banfung  ini baru pertama kali terjadi di Indonesia setelah disyahkannya Perpu No. 01 Tahun 2016 menjadi UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas UU RI Nomor: 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak yang mengubah hukuman msksimsl 15 tahun menjadi 20 tahun dan  dapat ditambahkan menjadi seumur hidup dan bahkan hukuman mati dan mengatur tentang hukuman tambahan kebiri  melalui suntik kimia dan menetapkan kasus kejahatan seksual terhadap anak merupakan kejahatan luar biasa dan disetarakan dengan tindak pidana khusus seperti tindak pidana teroris. Korupsi an narkoba.

Vonis mati PT Jawa terhadap Herry Wirawan lebih tinggi dari keputusan PN Bandung dengan vonis seumur hidup dan sesusi dengan tintutan JPU Kejati Jawa Barat.

Atae vonis mati ini menurut Humss PT Jawa Barat, terpidana  mati Herry Wirawan masih dapat mengupayakan langkah hukum  kasasi ke MA dan upaya Peninjauan kembali atas vonis mati dengan bukti baru atau novum.

Tuntutan JPU atas perkara kejahatan seksual yang dilakukan terpidana mati Herry Wirawan. vonis  mati oleh PT Jawa Barat diharapkan menjadi yuris prudensi atas kasus-kasus kejahatan seksual terhadap ansk serupa di Indonesia.

"Saya berharap JPU Kejati Jawa Timur akan menuntut terdakwa Kejahatan Sekdual Julianto Ekaputra bos SPI Batu Malang dengan tuntutan yang maksimal seperti apa yang dilakukan Kejati Jswa Barat kepada Herry Wirawan, " demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan anak yang disampaikannya dalam keterangan persnya di Jakarta  Selasa 05/04.

Dengan tidak mendahului Jaksa penuntut umum dan hakim PN Malang yang tengah  memeriksa tetdakwa Julianto,   Komnas Perlindungan anak berharap Julianto dapat dihukum setimpal dengan perbuatannya " tambah Arist. 
Arist Merdeka Sirait Ketum Komnas Perlindungan Anak saat memberikan keterangan pers.

Lebih jauh Arist menjelaskan dalam keterangan persnya, Komnas Perlindungan anak sebagai istitusi independen dibidang perlindungan anak  di Indonesia akan terus mengawal proses persidangan atas kejahatan seksual yang9 anak Balita dan 13 santri usia anak korban  kekerasan seksual terpidana mati Herry Wirawan oleh keputusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat diserahkan pengasuhan dan perlindungannya  kepada Pemerintah Jawa Barat. Pengadilan juga memerintahkan untuk menyita semua aset yang dimiliki Herry Wirawan untuk diserahkan kepada korban sebagai hak restritusi.

Vonis hukuman mati terhadap predator seksual anak  ini baru pertama kali di Indonesia setelah disyahkannya Perpu No. 02 Tahun 2016 menjadi UU RI Nomor : 17 Tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas UU RI Nomor : 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak yang mengubah hukiman maksimal 15 tahun menjadi 20 tahun dan  dapat ditambahkan menjadi seumur hidup dan bahkan hukuman mati dan kebiri  melalui suntik kimia.

Vonis mati PT Jawa terhadap Herry Wirawan lebih tinggi dari keputusan  PN Bandung dilakukan terdakwa Julianto agar korban mendapat keadilan,".


Red, 

TerPopuler