TINGKATKAN KESADARAN PEMUTAKHIRAN DATA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PEMKOT CIMAHI CANANGKAN GERAKAN LITERASI DIGITAL ADMINDUK -->

TINGKATKAN KESADARAN PEMUTAKHIRAN DATA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PEMKOT CIMAHI CANANGKAN GERAKAN LITERASI DIGITAL ADMINDUK

25 Apr 2022, April 25, 2022
Pasang iklan




Aspirasijabar- Cimahi, Diskominfo. Perkembangan teknologi mendorong percepatan transformasi digital menuntut Pemerintah Daerah untuk beradaptasi dan mentransformasi layanannya menjadi sistem digital yang lebih mudah untuk diakses oleh masyarakat.

Menjawab tantangan dalam perubahan pelayanan publik dari pelayanan manual ke pelayanan berbasis digital, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Pemberdayaan Masyarakat dalam Era Transformasi Digital melalui Gerakan Literasi Digital Adminstrasi Kependudukan (GELIAT Adminduk) pada hari Senin (25/4).


Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya memiliki kelengkapan dokumen kependudukan ini diselenggarakan secara hybrid yakni virtual melalui Zoom Meeting dan secara tatap muka bertempat di Aula Gedung B Pemkot Cimahi dengan memperhatikan protokol Kesehatan.


Digitalisasi layanan publik merupakan upaya pemerintah untuk memiliki kinerja yang efektif efesien, responsif, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dalam hal ini Disdukcapil Kota Cimahi telah melakukan transformasi pelayanan administrasi kependudukan. Saat ini layanan administrasi kependudukan dapat dilakukan melalui nomor Whatsapp Disdukcapil.


Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn.) Ngatiyana dalam sambutannya mengutarakan pentingnya pengelolaan data administrasi kependudukan, “Pelayanan adminstrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen kependudukan untuk masyarakat melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk dan sebagai dasar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik lainnya seperti layanan kesehatan, pendidikan, perbankan dan jenis layanan lainnya yang membutuhkan dokumen kependudukan sebagai persyaratan pelayanan publik,” ungkapnya.


Ia mengutarakan bahwa kegiatan GELIAT Adminduk dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tercapainya pemahaman masyarakat mengakses layanan Adminduk sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan yang efektif efisien responsif transparan dan akuntabel, “Diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dalam mencapai data kependudukan yang akurat di Kota Cimahi,” ujar Ngatiyana melanjutkan.

Gerakan Literasi Digital khususnya di bidang layanan Adminduk merupakan upaya memberikan pemahaman melalui pembiasaan digital, baik mengakses maupun memanfaatkan dokumen dan menjaga keamanan data dokumen elektronik yang tersimpan secara digital. 

Bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan, pengajuan pelayanan Adminduk Disdukcapil Kota Cimahi melalui smartphone ternyata masih menemui kendala. Masih banyak masyarakat yang lebih memilih pelayanan tatap muka dikarenakan masyarakat yang kesulitan menggunakan layanan berbasis digital. Oleh sebab itu Gerakan Literasi Digital Administrasi Kependudukan menjadi hal yang penting untuk dilakukan.
Salah satu upaya yang ditempuh untuk mengatasi masalah literasi digital ini adalah dengan sosialisasi dan pelaksanaan bimbingan teknis terhadap Warga Peduli Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (WALI GISA) yang merupakan perpanjangan tangan Disdukcapil dan mitra kerja Kecamatan dan Kelurahan.


GELIAT Adminduk akan dilaksanakan pada tiga lokasi yaitu Kecamatan Cimahi Utara di Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Tengah di Kelurahan Padasuka dan Kecamatan Cimahi Selatan di Kelurahan Melong, sementara untuk kelurahan lainnya akan dilaksanakan secara bertahap.

“Dengan dibentuknya kader-kader untuk menyebarkan pada masyarakat di wilayah Kelurahan atau lingkungannya masing-masing agar masyarakat mengetahui dan memahami tata cara menggunakan layanan Aminduk secara digital. Jadi layanan masyarakat tidak perlu datang lagi secara tatap muka di Disdukcapil tapi cukup dari rumah bisa terlayani,” ungkap Ngatiyana pada awak media seusai acara. 

Ngatiyana berharap dengan adanya inovasi-inovasi di bidang layanan publik akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan sehingga akan tumbuh kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk memanfaatkan layanan administrasi kependudukan, “Semoga inovasi ini bermanfaat bagi masyarakat sehingga akan teracapai layanan yang cepat, tepat dan efisien sehingga masyarakat merasa dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan,” harapnya. 


Hadir mendampingi Plt. Wali Kota Cimahi dalam pencanganan tersebut Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik suratno, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi Ipah Latifah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi Mochamad Rony. (Bidang IKPS/Dy).

TerPopuler