Bupati Purwakarta Ajak Masyarakat Tanam Holtikultura di Pekarangan Rumah -->

Bupati Purwakarta Ajak Masyarakat Tanam Holtikultura di Pekarangan Rumah

25 Agu 2022, Agustus 25, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar ||  Purwakarta - Bupati Purwakarta Jawa Barat, Anne Ratna Mustika mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan Pekarangan rumah dengan menanam  tanaman holtikultura seperti cabai, sawi, dan tomat.

"Pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman sayur mayur adalah bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika usai melakukan penanaman cabai di pekarangan rumah warga Desa Pangkalan, Kecamatan Bojong, Rabu 24 Agustus 2022.

Anne Ratna Mustika yang populernya sebutan Ambu, mengatakan kegiatan penanaman  atau budidaya ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman cabai rawit secara langsung dihamparkan secara terbuka.

Hal tersebut, masih menurut Ambu, dilakukan karena pangan, air dan energi merupakan kebutuhan mendasar bagi keberlangsungan hidup manusia.

Bupati Purwakarta menyebutkan ketahanan pangan dan energi merupakan isu utama yang menjadi perhatian bagi negara di dunia saat ini, khusnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain karena keberadaannya terbatas, Bupati Purwakarta mengingatkan bahwa faktor laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat juga perlu betul-betul diperhatikan karena akan membuat kebutuhan akan sumber daya turut meningkat.

Ketahanan pangan merupakan ketersediaan produk yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, "kata dia.

Bupati Purwakarta menyampaikan, cabai dipilih untuk ditanam di pekarangan rumah, karena dilihat dari potensinya, cabai dapat digolongkan ke dalam sayur.

Sayur ini adalah bagian tanaman yang  diolah secara minimal sebelum dikonsumsi, salah satunya adalah cabai, "pungkas Ambu Anne Ratna Mustika.

Reporter  : Bah Endang.
Sumber    : Diskominpo Purwakarta.

TerPopuler