Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir -->

Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir

22 Agu 2022, Agustus 22, 2022
Pasang iklan





AspirasiJabar || Samosir - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Rabu (17/08/22).

Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, MM, Ketua DPRD Kab. Samosir Sorta E. Siahaan, Kasdim 0210/TU Mayor Arh. AS Butar Butar SH, Kajari Samosir Andi Andikawira Putera, SH, MH, Pj. Sekda Hotraja Sitanggang, ST, MM, Kalapas Pangururan Julius Barus, SE, MH, Para SAB, Para Asisten Setda Kab. Samosir, Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Samosir, Para Kabag, Camat Pangururan, Pimpinan BUMD/BUMN, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, DWP, Pimpinan Ormas dan OKP.

Dalam pidato Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan bahwa Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur di medan pertempuran dalam rangka memperjuangkan, mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Semangat juang dan kerelaan berkorban dari para pahlawan bangsa sudah sepantasnya harus kita hargai, kita hormati dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan talenta dan profesi kita masing-masing.

Cita-cita luhur dan nilai perjuangan para pendahulu bangsa adalah mewujudkan Negara dan Bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur dalam satu bingkai NKRI, maka kita saat ini dituntut untuk membangun keutuhan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera, dengan kecintaan dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia.

Kecintaan dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia akan menjadi semangat dalam diri kita masing-masing apabila telah tercipta apa yang menjadi tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yakni “PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT”. Tema ini merupakan semangat dan tekad memperkokoh kedaulatan, Persatuan dan Kesatuan.

Sejalan dengan itu, maka dalam rangka peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, Pemkab Samosir menetapkan sub tema perayaan yakni “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kita Tingkatkan Kinerja untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan".

Sub Tema ini mengandung makna bahwa HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang diperingati di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum pulih sepenuhnya saat ini, momentum yang baik agar bersama bahu, membahu antara seluruh masyarakat Kab. Samosir untuk mengisi Kemerdekaan dan mewujudkan perubahan Kabupaten Samosir kearah yang lebih baik, yaitu merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan dan merdeka dari sakit penyakit.

Sebagai Bupati Samosir dan atas nama Pemkab Samosir mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Samosir yang tetap menjaga situasi yang kondusif dan mengikuti anjuran Pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.  Saat kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Samosir mari lestarikan alam Samosir, anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang memesona untuk kita jaga kelestariannya sebagai kawasan Geopark Kaldera Toba, anggota UNESCO Global Geopark (UGG)

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan beberapa capaian prestasi yang diraih Pemkab Samosir yaitu, dalam pelaksanaan program pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2021, mendapat penilaian dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Pada bidang kesehatan, Pemkab Samosir meraih peringkat terbaik ketiga di Sumut sebagai penyelenggara imunisasi rutin dengan ketepatan dan kelengkapan laporan cakupan imunisasi. Pada tanggal 22 Juli 2022 yang lalu, Pemkab Samosir mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI dalam kategori kabupaten yang telah mencapai target cakupan pelaksanaan bulan imunisasi nasional tahap I.

Pada bidang pendidikan, salah satu siswa dari Kabupaten Samosir yaitu Siswa dari SMPN 2 Pangururan meraih prestasi Juara 1 Se-Indonesia Lomba Menulis surat terbuka untuk Kapolri pada HUT Bhayangkara Ke-79 Tingkat SMP atas nama Carlo Sinurat. Pada kegiatan FORNAS  VI Tahun 2021 pada tanggal 4-5 Juli 2022 di Palembang, Kontingen Samosir meraih 1 medali Emas, 2 Perak san 1 Peringgu. Pada Tahun 2022 ini, Pemkab Samosir akan memberikan Beasiswa kepada siswa/i dan Mahasiswa berprestasi se-Kabupaten Samosir dengan jumlah total sebesar Rp. 3.700.000.000,- 

Pada bidang pertanian, Kabupaten Samosir telah menetapkan lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 17.558 Ha di 9 Kecamatan. Pada tanggal 12 Agustus 2022, Pemkab Samosir telah melaksanakan Launching serentak di 6 kecamatan dengan kegiatan Pangula Na Ture "Bertani Selaras Alam" dengan aktifitas pembuatan dan penggunaan pupuk pestisida organik, pengaturan pola tanam berdasarkan kajian ilmiah dan kerafian lokal.

Pada kegiatan pembinaan kepada perempuan di desa, Pemkab Samosir meraih prestasi sebagai perempuan berjasa dan berprestasi di bidang pertanian dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dalam pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak, Pemkab Samosir meraih Penganugerahan Kabupaten Layak Anak Ketegori Pratama.

Pada bidang Infrastruktur bahwa berbagai kegiatan strategis nasional yang kita laksanakan terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Kabupaten Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sampai dengan saat ini telah kita laksanakan pembukaan akses jalan deaa, pelebaran jalan desa dan peningkatan jalan melalui sertunisasi yaitu pembukaan jalan sepanjang 26.530 meter, pelebaran jalan sepanjang 13.900 meter dan sertunisasi sepanjang 20.565 meter yang tersebar di seluruh Kabupaten Samosir.

Pada bidang Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan, Kabupaten Samosir sejak Januari 2022, telah menerbitkan rekomendasi bagi pencari kerja ke luar negeri sebanyak 128. Telah menerbitakan juga surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang secara mandiri melalui kerjasama dengan pihak unit metrologi legal Provsu. Untuk meningkatkan sektor pariwisata, telah dilaksanakan pelatihan dalam pengembangan SDM pelaku UMKM.

Pada tanggal 2 Pebruari 2022, Kabupaten Samosir telah meresmikan Revitalisasi Pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam mendukung pembangunan pariwisata Samosir dengan melibatkan para pemuda dan masyarakat, kita telah meraih berbagai penghargaan antara lain Desa Wisata Huta Tinggi Kecamatan Pangururan meraih Desa Wisata Terbaik Nomor 5 di Indonesia kategori Konten Kreatif pada Anugerah Desa Wisata Indonesia yang ditetapkan Menparekraf.

Pada bidang kerjasama daerah, telah dilaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak sebanyak 11 perjanjian/ MoU, dengan tujuan dalam percepatan pembangunan Kabupaten Samosir.

Pada bidang penyelenggaraan pemerintahan, Samosir meraih peringkat pertama dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Sumatera Utara dengan Indeks SPBE 3,16.

Dalam bidang lingkungan hidup, Samosir ikut ambil bagian dalam rekor MURI penanaman spesies pohon terbanyak dan penanaman secara serentak di 23 Kebun Raya yang ada di Indonesia.

Dalam bidang Inovasi, Pemerintah Kabupaten Samosir meraih Indeks Inovasi dengan Kategori INOVATIF dengan nilai 49,57.

Dalam bidang perhubungan, momentum peringatan 77 Tahun Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Samosir, akan dilaunching Online 
Tiket Ferry, sehingga akan dapat mengurangi kemacetan di pelabuhan saat berkunjung ke dan dari Kabupaten Samosir.

Mengakhiri pidatonya, Bupati Samosir mengharapkan dukungan penuh, kerja nyata dan kerja ikhlas dari seluruh pihak, untuk mengambil peran baik sebagai motivator, fasilitator  maupun sebagai pelaksana dengan tindakan nyata untuk kemajuan Kabupaten Samosir, sesuai dengan Visi "Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan".

Dalam rangkaian Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Samosir,  Bupati Samosir bersama Wakil Bupati, unsur Forkopimda dan Pimpinan OPD mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi HUT Ke-77 Kemerdekaan RI secara Virtual (Online) langsung dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, yang ditayangkan melalui layar lebar di Rumah Dinas Bupati Samosir.

(Valen)

TerPopuler