Rencana Festival Maranggi 2020 Disoal Warga Wanayasa,Khawatir Terjadi Kerumunan -->

Rencana Festival Maranggi 2020 Disoal Warga Wanayasa,Khawatir Terjadi Kerumunan

Dec 23, 2020, December 23, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Purwakarta- Rencana Festival Maranggi 2020 di Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, yang bakal digelar besok, Kamis (24/12/2020) disoal. Warga setempat menanyakan konsistensi pemerintah daerah  dalam melaksanakan aturan larangan adanya acara yang dapat menimbulkan kerumunan orang.

Beragam kegiatan bakal mengisi dalam acara tersebut, seperti makan sate gratis dan peresmian sejumlah tempat di Wanayasa, menimbulkan kekhawatiran terjadi klister baru penularan Covid-19. Terlebih peserta yang datang pastinya banyak dari luar kecamatan tersebut.

“Selama ini kan pemerintah membatasi secara ketat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh mayarakat. Contoh untuk menggelar respsi pernikahan saja harus izin sana sini. Tapi nyatanya pemerintah sendiri tidak konsisten dan malah membuat acara yang rawan menimbulkan kerumunan,” kata tokoh masyarakat setempat, Agus Yasin yang juga Ketua Pusat Gerakan Masyarakat Purwakarta (Pager Mapak), Rabu (23/12/2020).

Dia menjelaskan, untuk acara Festival Maranggi itu dipublikasikan dengan menyebarkan brosur melalui media sosial. Artinya, undangan ini tidak khusus, namun menjadi undangan terbuka. Terlebih dengan adanya embel-embel makan sate gratis, dipastikan jumlah warga yang akan datang ke tempat itu bakal membludak.

Menurutnya, kalau sebatas ada kegiatan seremonial untuk peresmian lokasi-lokasi tertentu tidak perlu ada undangan terbuka. Sehingga pihaknya akan meminta pertanggung jawaban Pemkab Purwakarta jika saja kegiatan ini ternyata melanggar aturan di masa pandemi Covid-19.

Merespons kekhawatiran warga seperti itu, Ketua Pelaksana sekaligus Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, menjelaskan, kegiatan festival itu pada dasarnya difokukan pada kegiatan penataan sejumlah tempat dan destinasi wisata yang ada.


( Red )

TerPopuler