Di Murotai Hujan Terus Menerus, Picu Banjir -->

Di Murotai Hujan Terus Menerus, Picu Banjir

Jan 30, 2021, January 30, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar || MOROTAI- Sejak pagi, hujan dengan intensitas sedang kembali mengguyur wilayah Pulau Morotai, Maluku Utara mengakibatkan ratusan rumah penduduk di sejumlah Desa di Kecamatan Morotai Jaya terendam banjir, karena meluapnya air sungai.

Ratusan rumah yang terendam banjir akibat meluapnya air sungai itu, berada di Desa Pangeo dan Desa Titigogoli, Kecamatan Morotai Jaya.

"Hujan sejak pagi hingga sore ini, membuat air sungai meluap dan terjadi banjir menggenangi rumah kami," ungkap Dul Warga Desa Pangeo, Sabtu (30/1/2021).

Lanjutnya, air akibat banjir itu masuk hingga kedalam rumah warga setinggi diatas mata kaki orang dewasa. Kondisi tersebut membuat warga panik, sehingga menyelamatkan diri dan barang barang berharga mereka ke tempat yang lebih aman.

"Takutnya hujan susulan lebih deras, sehingga mengakibatkan banjir lebih besar, jadi masyarakat mengamankan diri terlebih dahulu," katanya.

Hal senada disampaikan keluarga Toni, warga Desa Titigogoli, bahwa hujan deras yang mengguyur sejak malam hingga sore ini membuat ratusan rumah di Desa Titigogoli terendam banjir, karena meluapnya air sungai.

"Hujan kuat sejak pagi hingga sore, membuat air sungai meluap dan menggenangi seluruh desa dan rumah warga," ujarnya.

Menurutnya, ketinggian airnya berfariasi mencapai betis orang dewasa dan paha orang dewasa. Kondisi tersebut sangat mengkwatir keberadaan warga.

"Bencana banjir ini yang kedua dalam dua Minggu terakhir. Masyarakat sangat kwatir dengan kondisi saat ini, mohon Pemerintah turun kelapangan melihat kondisi yang ada agar warga dibantu. Karena hingga sore ini banjir masih berlangsung,"harapnya.

Begitu juga Komentar dari Bahrudin Burhan kepada media ini hujan yang mengguyur desa Sopi ke camata Morotai jaya di waktu pagi mengakibatkan banjir hinga menengelamkan rumah-rumah warga dan desa Sopi setiap kali hujan dan ketika terjadi banjir selalu terendam dan kali ini jalan poros utama jalan lintas daruba sopi juga tergenang air kurang lebih satu kilometer dari desa cendan sampai dengan dusun tabako rumah Kat oleh karena itu masyarakat meminta kepada pemerintah dalam hal ini badan bencana alam harus reriu bagimana melakukan mitigasi tetkait dengan banjir, terkait dengan jalan lintas Sopi daruba yang tergenang banjir ini juga harus bisa dilakukan satu tindakan bagimana  bembuat saluarn air biar ketika hujan tidak lagi terjadi banjir.(oje)

TerPopuler