Yuk, Berburu Ikan Cupang Hias Di Master Betta Subang -->

Yuk, Berburu Ikan Cupang Hias Di Master Betta Subang

22 Feb 2021, Februari 22, 2021
Pasang iklan

foto : Farm Master Betta/aspirasijabar.net

Aspirasijabar.net, Subang-
Paduan warna yang indah dan cantik menjadikan ikan cupang selalu menarik untuk dipelihara. Ikan yang memiliki nama ilmiah (Betta-sp) ini, memiliki penggemar tersendiri di kalangan pecinta ikan hias.

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya berada di sungai berarus tenang. Pada umumnya, ikan ini memiliki tiga golongan, yakni cupang liar, cupang aduan dan cupang hias.

Untuk cupang hias, keindahan kombinasi warna sisik, sirip hingga ekor ikan cupang bisa "menghipnotis" kita. Apalagi saat ikan tersebut melenggak-lenggok memarkan tubuhnya di dalam akuarium dengan pencahayaan yang baik.

Tidak sulit untuk mencari cupang hias di Subang. Salah satunya yaitu di Master Betta, yang terletak di Kp Cibuang Rt 18/06, Sawangan, Cipeundeuy, Subang, Jawa Barat.

Berada di pedesaan, namun untuk mengaksesnya bisa juga lewat flatfotm media online nya, facebook (Masters Betta), Instagram (@master_bettacupang), WhatsApp (0822-4649-7195)

Para penghobi ikan hias bisa langsung melihat, dan memilih ikan cupang dari berbagai jenis. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000, hingga Rp 500 ribu per ekornya.

Kusnadi (24), founder Master Betta mengatakan, saat ini ikan cupang hias banyak dicari oleh penggemarnya. Tidak hanya karena keindahan tubuhnya, selain murah, ikan ini juga termasuk kuat dan mudah beradaptasi di wadah serta airnya.

"Kalau sehari minimal saya bisa menjual 10 sampai 20 ekor ikan cupang. Harga bervariasi, paling mahal kalau ukuran empat sentimeter saya jual Rp 200 ribu," ujarnya, Senin (22/01/21).


Jenis ikan cupang hias yang dijual yaitu, jenis plakat.

"Untuk sementara yang ada di kolam, jenis plakat, plakat koi, nemo, bluerim, helboy, serian black dll," imbuhnya.

Untuk penghobi terkadang tidak memiliki acuan khusus dalam menentukan harga untuk seekor cupang. Meski dari jenis kelas biasa, kalau perpaduan warna bagus bisa dihargai mahal.

"Tak jarang pengoleksi ikan cupang hias, kalau dilihat ikannya bagus, banyak warna dan ukurannya juga besar mau beli dengan harga mahal. Bisa sampai ratusan ribu rupiah," ungkap pria yang mengaku telah beternak ikan cupang sejak 2019 ini.

Sementara Ade Suryanto (27), salah satu penghobi ikan cupang hias mengaku mulai suka mengoleksi ikan tersebut sejak satu tahun lalu. Master Betta kerap menjadi tujuan ketika ingin menambah koleksi ikannya.

"Dulu waktu zaman sekolah saya suka ikan cupang aduan, seru sama teman-teman. Kalau sekarang lebih suka lihat keindahan warna warni cupangnya. Sering juga belanja di sini, harganya masih terjangkau," tutur Ade.

Tidak hanya itu, menurut Ade di Master Betta ia juga bisa menambah pengetahuan dan juga teman sesama penghobi ikan hias.

"Kadang kita ketemu sama yang hobinya sama, ya tukar informasi bagaimana merawat cupang. Tambah teman, tambah ilmu juga," tandasnya.

(Red)


TerPopuler