Kegiatan Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kab.Pulau Morotai -->

Kegiatan Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kab.Pulau Morotai

Apr 17, 2021, April 17, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Morotai - Bupati Pulau Morotai di wakili oleh Wakil Bupati H. Asrun Padoma. membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten pulau morotai tahun 2022 di Hotel Perdana darame kec morotai selatan, Sabtu (17/4/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, ketua dprd kabupaten pulau morotai beserta anggota.

Forum kordinasi pimpinan daerah kab. pulau morotai.
kepala Bappeda Provinsi maluku utara yang diwakili oleh sekretaris
bapak sekda para asisten, staf ahli bupati danpimpinan skpd.

Rektor universitas pasifik. para camat se kabupaten pulau morotai.
para ketua kelompok/organisasi Lsm, media," Dalam kegiatan musrembang ini kepala bapeda menyampaikan sebaga Penyclenggaran musyawarah
perencanaan pembangunan (musrenbang) RKPD Kabupaten Pulau Morotai tahun 2022, sebaga berikut :

DASAR HUKUM

a. Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sstem Perencanaan
Permbangurnan Nasional.

b. Undang-Undang Nomor 23 lahun 2011 Tentang Permerintali Daerah
C. Pereturen Merileri Delem Nejeri Nomnr RG Tahun 2017 Tentang, Tata
Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Permbangunan Daerah.

Tata Cara Evaluasi Raperda Tentang Rpjpd Dan Rojmd, Serta Tala Cera
Perubahan Rpipd, Rpimd, Dan Rkpd
Maksud dan tujuan pelaksanaan musreribang ini dimeksud kan untuk mendapatkan masukan dari para peangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kahupaten Pulau Morotai tahun 2022.
Peserta Musrembang RKPD Kabupaten Pulau Morotai tahun 2022, terdiriatas:

a. Pimpinan DPRD Kab. Pulau Morotal
b. Pirmuinan OPD Kab. Pulau Morotai
e. Perwakiian Tokoh Masyarakal, cedekiawan dan Akademisi
d. Dulegasi Kecamatan Se-Kabupaten Pulau Morotal.

Wakil Bupati Asrun Padoma dalam kata sambutan menjelaskan,
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita masih dapat bersilaturahmi bersama-sama dalam acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Morotai tahun 2021 untuk perencanaan tahun 2022.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula izinkan saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi ummat muslim di Kab. Pulau Morotai.

Sebagaimana Kita Pahami Bersama, Musyawarah RKPD merupakan rangkaian yang harus dilalui dalamproses perencanaan pembangunan.Hal ini merupakan tidak lanjut atas hasil pembahasan pada Musrenbang Kecamatandan Forum RKPD,sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasiona.

Pelaksanaan musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

Pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan.

Disisi lain Musrenbang merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pemerintahyaitu pemerintah daerah (ekskutif dan Legislatif), masyarakat, dan swasta/dunia usahaPada dasarnya, keluaran Musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pulau Morotai tahun 2022, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2022 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2022.

Berkenaan dengan hal tersebut, saya memandang bahwa Musrenbang merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan sertayang bersifat sektoral.

Kesemuanya ini mencerminkan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip-prinsip partisipatif, demokratisasi, serta transparansi,Pemerintah KabupatenPulau Morotai berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembangunan yang lebih berkualitas, sehingga apa yang menjadi Visi, Misi dan Tujuan pembangunan Pulau Morotai dapat kita wujudkan bersama.

Pelaksanaan Forum SKPD pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-5 atau tahun Transisi dari RPJMD kabupaten Pulau Morotai periode 2017-2022.

Pada tahun 2022 seluruh kebijakan pembangunan yang telah dijalankan pada tahun-tahun sebelumnya diakselerasi pencapaian kinerjanya. Hal ini kami kedepankan sejalan dengan tema Musrenbang RKPD tahun 2022 yaitu “Memantapkan Pembangunan Untuk Pemerataan Kesejahteraan.

penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2022 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Pulau Morotai secara tepat dan strategis.

Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD tahun2022.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, meskipun musrembang rkpd pada hari ini dilaksanakan di bulan puasa, mudah-mudahan dibulan yang berkah ini apa yang kita rencanakan dan kita lakukan bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Pulau Morotai.Terima kasih atas partisipasi saudara-saudara.

Semoga allah SWT senantiasa membimbing dan meridhoi setiap upaya dan langkah kita, memberikan kesehatan dan kekuatan bagi kita semua, serta diberikan kemudahan dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dalam membangun Kabupaten Pulau Morotai yang kita cinta.


Jurnalis : oje

TerPopuler