TNI Ajarkan Warga Budidaya Ikan Lele Dari Kolam Terpal di Papua -->

TNI Ajarkan Warga Budidaya Ikan Lele Dari Kolam Terpal di Papua

26 Jun 2021, Juni 26, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Pitewi - Memanfaatkan lahan kosong yang ada di samping pos, anggota pos Pitewi Satgas Yonif 131/Brs membuat kolam ikan lele dari terpal sekaligus membagikan bibit ikan lele kepada masyarakat dan  mengajarkan warga cara budidaya ikan Lele di Kp. Pitewi Distrik Arso Timur Kab. Keerom, Papua.

“Berbekal pengetahuan budidaya ikan lele, pos Pitewi satgas pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs melatihkan cara budidaya ikan lele kepada masyarakat", ujar Wadan Satgas Yonif 131/Brs Mayor Inf Achmad Muzani CH dalam keterangan tertulisnya (26/06/2021)

Ditempat terpisah Danpos Pitewi Lettu Inf Ridollah Sibueya menjelaskan kepada warga tahap-tahap budidaya ikan lele mulai dari pembuatan kolam, memilih bibit yang unggul, cara memberi makan sampai dengan perawatan kolam agar ikan lele tumbuh cepat dan sehat.

Lebih lanjut dijelaskannya, proses penyaringan dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Karena bibit lele yang berkembang tidaklah tumbuh secara merata. Bibit yang mengalami pertumbuhan lebih cepat harus dipisahkan ke kolam yang berbeda. Karena kalau tidak ikan lele yang lebih besar akan memangsa lele-lele yang lebih kecil dan lambat pertumbuhannya.

Pada kesempatan itu Danpos Pitewi membagikan 3000 ekor bibit ikan lele unggul kepada masyarakat dengan harapan warga juga bisa  melaksanakan budidaya ikan lele di rumah masing-masing agar nantinya dapat dikonsumsi ataupun dijual. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sekaligus mewujudkan ketahanan pangan khususnya di daerah Kp. Pitewi.

"Ribuan ekor bibit ikan lele juga sudah kami tebar di kolam di pos yang berukuran 3×7 meter dan recananya 3 bulan kedepan akan kita panen dan bisa kita nikmati bersama-sama dengan masyarakat", ucap Danpos.

Roberto (45), salah seorang warga setempat yang mengikuti pelatihan budidaya ikan lele tersebut mengatakan, dirinya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam pelatihan ini, sehingga menambah pengetahuan dia dan warga lainnya tentang cara budidaya ikan lele.

Sumbee : (Pen Yonif 131/Brs)

TerPopuler