Pemdes Cilingga Gelar MUSRENBANGDes RKPDes Tahun 2022-2023. -->

Pemdes Cilingga Gelar MUSRENBANGDes RKPDes Tahun 2022-2023.

14 Jan 2022, Januari 14, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar | Purwakarta - Pemerintah Desa Cilingga  Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa  (MUSRENBANGDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa tahun 2022-2023 yang berlangsung di Aula Desa Cilingga, pada Kamis 13-Januari 2022. 

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Sekcam Darangdan Babang Subarna, M.Pd bersama Luki Yuliawan, SE Kasi PMD Kecamatan Darangdan,
Dedi Rukmana Stap Kasi Kesos Kecamatan Darangdan dan Badrujaman Stap Kecamatan Darangdan, Kepala Desa  Cilingga H. Ade Mulyana bersama Sekdes Desa Cilingga Dada Linggajaya, Ketua Bamusdes Desa Cilingga Ahmad Sape'i  besama anggota, Ketua LPM Desa Cilingga Jaelani, S.Pdi,  Unsur Perangkat Desa, Aparat Rt Rw,  juga Tokoh Pemuda (Toda), Tokoh masyarakat  (Tomas) Ketua TP-PKK Desa Cilingga serta  Kader PKK dan Kader Posyandu.

Penjelasan Babang Subarna  bahwa   dengan dilaksanannya Musrenbangdes tersebut merunjuk pada undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, peraturan Menteri Dalam Negeri No.114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, peraturan Menteri Desa Pembangunan daerah  Tertinggal dan Transmigrasi No. 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan Pemberdayaan masyarakat desa.
Desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Desa RKPDes pada tahun sebelumnya sebagai acuan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa pada tahun berikutnya.

Kemudian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2023 merupakan usulan-usulan kegiatan yang akan menggunakan APBD Kabupaten, usulan-usulan tersebut akan diteruskan ketingkat Kabupaten melalui Kecamatan. "Jelan Babang Subarna  sesuai Juklak yang didapat"
Penjelasan Kepala Desa Cilingga H. Ade Mulyana, mengatakan saat ini masih dalam suasan pandemi Covid-19 sehingga banyak pekerjaan di tahun 2021 yang tertunda,  dikernakan sebagian besar anggaran harus terfokus pada penanggulangan Covid-19, hal itu yang disesuaikan dengan Peraturan Mentri Desa. "Ujar H. Ade Mulyana"

Untuk itu kami Pemdes Cilingga  bersama Lembaga yang ada di desa, tahun 2022-2023 sekarang ini akan berusaha untuk merealisasikan rencana  program kerja, demi kamajuan Desa Cilingga  sesuai visi-misi kami. "Katanya"

Terakhir kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mensukseskan kegiatan MUSRENBANGDes ini, semoga apa yang sudah kita tetapkan dalam daftar usulan pembangunan ini, mendatangkan manfaat dan kesejahtaraan bagi masyarakat Desa Linggasari. "Pungkasnya"


Penulis : Bah Endang.

TerPopuler