Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 -->

Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022

28 Jan 2022, Januari 28, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Lebak - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI menggelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota Se-Indonesia. 

Turut bergabung dalam jaringan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Bertempat di Lebak Data Centre, Kamis (27/1/2022). 

Dalam sosialisasi tersebut Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan A. Djalil mengatakan melalui program PTSL ini dapat membantu masyarakat mendapatkan rasa aman dan jaminan kepastian hukum mengenai subjek, objek, dan hak atas tanah, serta mencegah dan mengatasi setiap permasalahan yang menyangkut tanah seperti pendudukan tanah secara liar, sengketa tanda batas dan lain-lain sebagai akibat ketidakpastian hukum hak atas tanah. 

"Sertifikasi akan memberikan multiplier effect pasar informal PPJB akan menjadi AJB yang akan memperbesar nilai kolateral hak tanggungan sekaligus memberikan kepastian hukum dan kepastian investasi, dan sertifikasi yang diikuti dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah" Ucap Sofyan. 

Menteri ATR/BPN tersebut juga berharap Pemerintah Daerah dapat mendukung program ini dengan memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah termasuk sempadan, menyiapkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran tanah, melakukan pembebasan atau keringanan BPHTB untuk kegiatan PTSL, menyiapkan anggaran pra PTSL, serta membantu menyediakan sarana dan prasarana operasional kegiatan PTSL.


Pewarta : Badri

TerPopuler