Keistimewaan Malam Turunnya Al-Qur'an Bagi Umat Muslim -->

Keistimewaan Malam Turunnya Al-Qur'an Bagi Umat Muslim

19 Apr 2022, April 19, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Ilustrator Dimas Adam Maldini - Bagi umat muslim seantero jagat raya meyakini bahwa tidak ada malam yang paling dinanti-nanti dan sangat dimuliakan Allah SWT adalah malam Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur'an ialah peristiwa malam turunnya Alquran. 

Kejadian ini merupakan peristiwa yang penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Nuzulul Quran sendiri yaitu peristiwa di mana Allah menurunkan ayat Alquran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia.  

Setelah diturunkan untuk pertama kalinya, ayat-ayat Al-qur'an kemudian berangsur-angsur dilengkapi. Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur ini memberikan keuntungan bagi umat muslim saat itu. Seperti memudahkan untuk menghafal, memiliki waktu untuk mempelajari Al-qur'an, dan ayat yang diturunkan adalah yang relevan dengan zaman. 

Proses turunnya Al-qur'an ini selama 23 tahun, atau lebih tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari.Nuzulul Qur'an jatuh di malam 17 Ramadan setiap tahun. Itu berarti pada Ramadan 1443 H. Nuzulul Qur'an akan jatuh pada Senin, 18 April 2022.

Adapun malam nuzulul quran disebutkan dalam Alquran, Surat Al Isra ayat 9 :

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا 

Artinya : Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa bagi mereka ada pahala yang sangat besar. 

Lantas Allah SWT berfirman, mengagungkan keadaan Lailatul Qadar yang dikhususkan oleh Allah SWT sebagai malam diturunkan-Nya Al-Qur'an di dalamnya.

Terdapat lima keistimewaan pada malam Nuzulul Quran sebagai berikut :

1. Malam Seribu Bulan

Allah telah berfirman dalam surat Al-Qadr ayat 3, yang artinya :

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”.

Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ pada ayat di atas yaitu puasa, amal, dan salat malam yang dikerjakannya pada malam Nuzulul Quran lebih baik dari amalan yang dikerjakan selama 1.000 bulan. 

2. Malam Penuh Berkah

Nuzulul Quran merupakan malam yang penuh berkah. Peristiwa itu tercantum juga dalam QS Al-Dukhan ayat 3, yang artinya  : 
“ Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”.
Para ulama tafsir menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘malam yang diberkahi’ pada ayat di atas yaitu malam lailatul qadar atau malam diturunkannya Al-Quran.

3. Diampuni Dosa-dosanya

Pada malam Nuzulul Quran dan malam laiatul qadar, siapa saja yang mengerjakan salat malam pada malam itu maka Allah SWT akam mengampuni dosa-dosanya.
Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah yang bunyinya :
“Barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar lantaran iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. 

4. Turunnya Para Malaikat

Pada malam Nuzulul Quran, banyak malaikat turun. Seiring dengan turunnya para malaikat, Allah SWT juga menurunkan banyak berkah. Allah berfirman dalam surat Al-Qadr ayat 4 yang artinya  : 
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”. 

5. Malam Tercatatnya Takdir Tahunan.

Pada malam Nuzulul Quran juga menjadi suatu malam tercatatnya takdir tahunan. 
Jika sebagai Muslim, setiap malam Nuzulul Quran bisa menghidupkannya dengan baik dan memaknainya, maka diharapkan bisa memperoleh keberkahan dan takdir baik dari Allah SWT.

Nah, itulah keistimewaan Nuzulul Quran yang mesti kalian tahu. Mudah-mudahan kita bisa merasakan malam Nuzulul Quran dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.


Penulis : Dimas Adam Maldini

TerPopuler