Modal Semangat Gotong Royong, Alhamdulillah Masjid Al-Mukhlis kini Digunakan -->

Modal Semangat Gotong Royong, Alhamdulillah Masjid Al-Mukhlis kini Digunakan

8 Apr 2022, April 08, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Morotai - Isak haru mewarnai wajah warga Desa Gorua Kecamatan Morotai Utara (Morut).

Mengapa tidak, dengan tekat membangun masjid Al-Mukhlis sejak tahun 2014 silam dengan jerih payah dan upaya warga setempat akhirnya di bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah 2022 ini warga sudah bisa melaksanakan sholat secara berjamaah di masjid Al-Mukhlis.

Dimana lahan seluas 40x40 yang digunakan untuk pembangunan masjid Al-Mukhlis itu di wakafkan oleh keluarga besar Naba. 

Data yang dihimpun Media ini, Sebelumnya, warga Desa Gorua Kecamatan Morut itu melaksankan ibadah di masjid Nurul Jannah yang dulunya di bangun hanya menggunakan kayu (Papan,red) dengan ukuran masjid 15x10 meter persegi dibangun pada tahun 2008, dimana masjid itu dibangun dengan menggunakan suplay dana dari PT. Surya, salah satu perusahan yang bergerak di bidang kayu saat Masi beroperasi di Kecamatan Morut. 

Karena jumlah penduduk semakin padat, Masjid Nurul Jannah dinilai tidak lagi cukup menampung para jamaah sehingga warga setempat pun berinisiatif untuk berembuk dan bersepakat membangun masjid Al-Mukhlis, dimana nama Masjid tersebut diambil dari nama Kepala Desa Tua, Mukhlis Ano yang juga sebagai kepala desa terlama di Desa Tersebut karena menjabat selama 13 tahun. 

Menariknya, sebagian dana untuk membangun masjid Al-Mukhlis itu ternyata hasil swadaya dari semua masyarakat setempat. Bahkan, upah kerja di beberapa pembangunan yang dikerjakan oleh warga setempat itu tidak diambil secara perseorangan tapi semuanya di sweet ke pembangunan masjid Al-Mukhlis.

Tidak hanya berharap bantuan Pemerintah, namun demi pembangunan Masjid Al-Mukhlis, warga setempat juga dengan ikhlas memberikan sumbangan yang nilainya berfariasi dari Rp. 100 sampai 200 ribu per Kepala Keluarga (KK). 

Begitu juga dengan Pemerintah Desa, di massa Kepemimpinan Kepala Desa (Saat ini sudah Mantan,red) Muhdi Widara, semua perangkat Desa bersepakt untuk menyumbangkan Satu bulan gajinya untuk pembangunan masjid Al-Mukhlis.

Dimana pada tahun 2014-2016 Pembangunan Masjid Al-Mukhlis di ketuai oleh Muhdi Widara, dan pada tahun 2016 Muhdi Widara terpilih menjadi kepala desa gorua. 

Kemudian pada tahun 2017 pembentukan ketua panitia baru dan Kadrun Repe di tunjuk menjdi ketua panitia pembangunan masjid Al-Mukhlis hingga 2022 ini.

Mantan Kepala Desa Gorua Kecamatan Morut, Muhdi Widara, saat ditemui media ini mengaku bahwa perjalanan pembangunan masjid Al-Mukhlis Desa Gorua Kecamatan Morut terbilang cukup panjang dan penuh cerita karena pembangunan masjid tersebut hanya bermodalkan semangat gotong royong (Swadaya,red) dari warga dan pemerintah setempat. 

"Masjid dibangun pada tahun 2014-2016, Sumber anggaran pertama itu dari anggaran Desa (DD). Jadi ditahun 2014-2015 itu dianggarkan Rp. 150 juta, di tahun 2016 Pemdes kembali anggarkan untuk pembangunan masjid sebesar Rp. 100 juta. Setelah masuk ke tahun 2017 anggaran masjid sudah di tiadakan. 

Akhirnya masjid ini sudah tidak bisa dibangun lagi selama 2 tahun sejak 2017-2018. Di akhir tahun 2018 saya mencoba melobi ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Morotai, ternyata ada anggaran tetapi di sweet ke material lokal dan material toko. 

Ada juga di tahun 2020 kemarin itu masjid Al-Mukhlis dapat bantuan dari Pribadi Bupati Morotai berupa Tehel sebanyak 440 DOS."ceritanya.

Dirinya mengaku terharu dengan partisipasi dan semangat kegotong Royongan Warga Desa Gorua, karena hanya dengan modal ikhlas dan semangat sehingga Masjid Al-Mukhlis bisa digunakan saat bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah 2022 ini."Partisipasi dan antusias warga sangat luar biasa, karena saat waktu kerja di Masjid tanpa harus kita umumkan di Toa Kantor Desa atau pun masjid pun warga dengan sendirinya datang. 

Bahkan masing-masing Kepala Keluarga di Desa Gorua itu siap kerja bangunan di Desa tetangga tapi dia pe upa kerja dorang (mereka,red) tidak ambil karena yang mereke kerja itu sudah di niatkan untuk pembangunan masjid. Begitu juga dengan petugas kebersihan di Desa, walaupun hanya dengan gaji Rp. 750 ribu tapi siap untuk menyumbangkannya."tutur harunya.

Untuk diketahui, Masjid Nurul Jannah yang merupakan masjid tua di desa tersebut yang berkonstruksi kayu (Papan dan Balok,red) itu hingga kini tidak dibongkar karena bangunan tersebut sudah dijadikan tempat Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang saat ini diberikan nama TPQ Mahmud Repe, dimana nama tersebut di ambil dari nama Imam tua di desa Gorua Kecamatan Morut. 

Dimana pada saat itu yang menjadi imam pertama adalah imam Mahmud Repe, Kemudian beliau wafat pada 21 Juni 2019. Untuk menggantikan posisi imam pada saat itu Imam Manik Deis ditunjuk sebagai imam Nurul Jannah hingga saat ini di masjid Al-Mukhlis.


Jurnalis : (Oje)

TerPopuler