Buka Apel Dansat, Pangdam Hasanuddin Ulas Pentingnya Kepemimpinan Komandan Satuan -->

Buka Apel Dansat, Pangdam Hasanuddin Ulas Pentingnya Kepemimpinan Komandan Satuan

24 Mei 2022, Mei 24, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Makassar - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., M.H., membuka secara resmi Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam XIV/Hasanuddin TA 2022, bertempat di Mako Yonif Raider 700/WYC Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar, Selasa (24/05/2022).

Kegiatan di awali dengan penyematan tanda Apel Komandan Satuan (AKS) kepada perwakilan peserta Apel.

Di awal sambutannya yang masih dalam suasana Idul Fitri, Pangdam mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1443/Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Lebih lanjut dikatakan, Apel Komandan Satuan yang kita selenggarakan pada hari ini bertujuan untuk menyamakan cara pandang dan pikiran para Komandan Satuan guna mengoptimalkan pembinaan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XIV/Hasanuddin.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya dan langkah-langkah konkrit dalam mengoptimalkan pembinaan satuan sehingga setiap prajurit Kodam XIV/Hasanuddin mampu mengaktualisasikan berbagai tugas yang diemban dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang dilandasi sikap dan tindakan yang profesional," Tuturnya. 

"Hal ini sangat penting karena dari hasil evaluasi selama ini menunjukkan adanya berbagai hambatan  dan kendala yang selalu ditemukan dalam proses pelaksanaan pembinaan satuan, dimana kendala tersebut lebih disebabkan oleh belum maksimalnya kepedulian para Dansat dalam menjalankan tugas pokok di satuan," Sambungnya. 

"Untuk itu, dengan diselenggarakannya kegiatan Apel Dansat seperti ini diharapkan dapat terwujud kesamaan misi dalam menyelenggarakan tugas pokok serta mendukung upaya peningkatan  kemampuan kepemimpinan para Dansat jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang tangguh, berwawasan dan adaptif dalam menghadapi tantangan tugas ke depan," Jelas Pangdam. 
"Hal tersebut sejalan dengan tema Apel Dansat kali ini yaitu : Membangun Komandan Satuan TNI AD yang tangguh guna menjamin terwujudnya prajurit dan satuan TNI AD yang profesional dan sejahtera sebagai pilar TNI AD," Ungkapnya. 

"Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat untuk meningkatkan profesionalisme prajurit di satuan sebagai pilar TNI AD yang selalu memiliki kesiapan operasional dan memiliki kemampuan Binter guna lebih memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat," Tambahnya. 

Orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengharapkan, materi pembekalan yang nantinya diterima dapat memberikan manfaat bagi para Dansat dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan di satuan masing-masing. 

"Saya pun mengharapkan materi pembekalan yang nantinya diterima dapat memberikan manfaat bagi para Dansat dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan di satuan masing-masing, berikan saran, masukan maupun pemikiran konstruktif dari para Perwira sekalian guna optimalisasi pelaksanaan tugas Kodam XIV/Hasanuddin ke depan, sehingga berbagai kendala yang selama ini menghambat pelaksanaan tugas di satuan, dapat dicarikan solusi dan pemecahan terbaik," Harapnya. 

Di akhir sambutannya Pangdam menekankan kepada para Komandan Satuan agar memperhatikan anggotanya demikian pula dalam latihan Komandan Latihan (Danlat) harus peduli dengan anggota dan harus hadir di tengah-tengah anggota. 

"Para Komandan agar memperhatikan anggotanya demikian pula dalam latihan Komandan Latihan (Danlat) harus peduli dengan anggota dan harus hadir di tengah-tengah anggota. Kemampuan itu apa saja agar dijabarkan, sampaikan ke anggotamu berikan arahan," Pesannya. 

"Laksanakan ibadah, bagi yang beragama muslim bila waktunya sholat agar ke masjid melaksanakan sholat. Demikian pula dalam pelaksanaan tugas jangan berpikir waktu tapi berpikirlah apa yang harus akan saya perbuat hari ini dan esok di dalam satuan," Tutupnya.


Red, 

TerPopuler