Dinas Pariwisata Banten, Bangun Kios UMKM di Kawasan Wisata Pantai Kalapa -->

Dinas Pariwisata Banten, Bangun Kios UMKM di Kawasan Wisata Pantai Kalapa

9 Mei 2022, Mei 09, 2022
Pasang iklan
 
Aspirasijabar | Lebak - Dinas Pariwisata Provinsi Banten, kembali mensuport pembangunan 10 kios untuk pelaku UMKM di kawasan Wisata Kalapa Warna, Desa Panyaungan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten Selatan.

Pantai Kalapa Warna, salah satu destinasi wisata di  Kabupaten Lebak, selama liburan lebaran Idhul Fitri 1443 H, menjadi pilihan wisawatan lokal. Sekitar 7.500 orang wisatawan lokal mengunjungi kawasan  wisata ini. Pantai Kalapa Warna, letaknya strategis, sekitar 150 meter dari jalan raya utama Malingping-Bayah.

Pantai Kalapa Warna, pengembangannya akan di desginala Jimbaran Bali. Pantai dikawasan ini cukup luas, sekitar 2,5 hektar, berpasir putih dan landai. Pengunjung bisa  menikmati santap ikan sea food, ditepi pantai, dibawah temaramnya  lampu dan suasana debur ombak laut Selatan.

"Falisitas untuk menuju kearah itu,  sebagian sudah selesai ditata dengan bantuan dana dari Dinas Pariwitsa Provinsi Banten dan Dinas Pariwisata Lebak,"kata Anggun (35 tahun) Ketua Pokdarwis Kalapa Warna, kepada bantengate, Minggu (8/5/2022).

Menurut Anggun, bantuan dari Dinas Provinsi Banten yang sudah dialokasikan ke penataan Pantai Kalapa  Warna, yaitu; penataan daerah pantai dengan pemasangan tanggul untuk menjaga  rob (air laut pasang), beberapa unit gajebo,"kata Anggun didampingi Vandemhar pengelola wisata Kalapa Warna.

Menurut Vandemhar, sapaan akrab Kang Kohar, persoalan yang belum bisa teratasi adalah jalan pintu masuk sekitar 250 meter  dari jalan raya utama menuju lokasi. Oleh sebab itu,  Pokdarwis Kalapa Warna sudah meminta bantuan Dinas Perkim Kabupaten Lebak dan Dinas Perkim Provinsi Banten, karena melintasi tanah milik warga.

Kadis Pariwisata Provinsi Banten, Alhamidi,  melalui Sekdis Pariwisata Banten, Drs. H. Tb. Ence Fachrurozi, phaknya akan terus mendorong sesuai kemampuan dinas untuk berkembangnya kawasan destinasi Banten Selatan.

Menurut H. Ence, Dinas Pariwisata Provinsi Banen, dari tahun 2021 fokus  membantu menata 5 (lima) destinasi wisata di Banten Selatan yang diawali dengan pembuatan DED. Kelima destinasi  itu; Pantai Kalapa  Warna,  Pantai Citarate, Cibareno (Arung Jeram), Curug Kanteh Desa Cikatomas, dan Bukit Curahem di Gunungkencana", kata H. Tb. Ence, dalam diskusi "NGOPI" bersama pelaku wisata di Malingping, Minggu Malam (8/9/2022).

Diskuisi  NGOPI  (Ngobrol Pintar) di malam itu, dihadiri; Camat Cilograng, Hendy Suhendi, Kades Cireundu, Herdiana, ST, Kades Cibareno, Apt. Erik Mansyah, S.Farm,  Kades Pasirbungur, Hidayat SE, Kades Sukamanah, Alek Helmi, Pokdarwis Bagedur, Asep Sudjana, Pokdarwis Kalapa Warna, Anggun dan Vandemhar dan Ketua DPD Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPD-KWRI) Provinsi Banten, H. Edy Murpik.

Dijelaskan  H. Tb. Ence,  sekitar bulan Juni - Juli (Triwulan II dan III),  Dispar Provins i Banten akan membangun 10 unit kios untuk pelaku UMKM di kawasan Kalapa Warna. Selain itu, 10 perahu  Karet untuk  kelengkapan wisata Arung Jeram di sungai Cibareno.

"Kita tinggal berbagi tugas saja untuk bersama-sama membangun dan menata kawasan destinasi.  Mana yang bisa dilakukan oleh pengelola (Pokdarwis) bersama Pemerintah Desa, mana yang bisa dikerjakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dan apa yang harus dikerjakan Dinas Pariwisata Provinsi Banten,"kata Tb Ence.

Dijelaskan H. Tb. Ence, dengan dibangunnya jalan Tol Serang Panimbang, akan lebih mempermudah akses menuju ke kawasan Kabupateb Lebak Selatan melalui jalur Cileles- Malingping  atau Panimbang - Cikeusik -Malingping.

Demikian juga dengan rencana dibangunya   jalan Tol Cibadak - Pelabuha Ratu, Sukabumi. Oleh sebab itu, Pemprov. Banten  dalam pengembangan  destinasi wisata  fokus ke wilayah Lebak Selatan.

Di perbatasan Kabupaten Lebak dengan Sukabumi, sudah ada pantai Pelabuhan Ratu yang sudah dikenal ke mancanagara. Begitupun  dengan Bukit Habibi, di perbatasan dengan Kecamatan Cilograng.

Kades Cireundu, Herdiana ST, dalam kesematan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Dispar Prov Banten yang sudah membantu menata kawasan


Jurnalis : Badri

TerPopuler