Mahasiswa Fakultas Peternakan Berhasil Raih Prestasi Tingkat Nasional -->

Mahasiswa Fakultas Peternakan Berhasil Raih Prestasi Tingkat Nasional

28 Mei 2022, Mei 28, 2022
Pasang iklan
Foto Irfan Maulana (foto:agus)" 

Aspirasijabar | Sumedang - Muhammad Irfan Maulana merupakan seorang mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang sukses membawa nama Universitas Padjadjaran dalam olimpiade-olimpiade bertaraf nasional mulai tahun 2020 hingga 2022.

Pada tahun 2022 ini Irfan berhasil mendapatkan 2 medali sekaligus dalam waktu yang berdekatan yaitu Medali Perunggu Bidang Matematika Tingkat Guru dan Mahasiswa Nasional dalam Olimpiade Hardiknas 2022 serta Medali Perak Bidang Matematika Tingkat Guru dan Mahasiswa Nasional dalam Olimpiade Muslim Muda Indonesia 2022. 

Kedua Olimpiade tersebut merupakan kompetisi sains telah dilaksanakan pada tanggal 10 April dan 17 April 2022 yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dengan tujuan memfasilitasi mahasiswa untuk berprestasi dan menjadi sarana mengasah kemampuan. 

Kompetisi yang berbasis online ini (CBT) dibuat untuk mendorong mahasiswa tetap produktif di tengah pandemi Covid - 19 sehingga tetap dapat berprestasi. 

Irfan merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Angkatan 2020 dengan sederet prestasi di tingkat nasional,"Tercatat sudah 6 medali yang Irfan dapatkan sejak memasuki bangku kuliah hingga saat ini menempuh kuliah di semester 4. 

Medali yang telah didapatkan diantaranya Medali Emas Bidang Matematika pada Olimpiade Sains Mahasiswa 2020, Medali Emas Bidang Matematika Dan Medali Perak Bidang Biologi Pada Kompetisi Sains Mahasiswa 2021, Medali Perak Bidang Matematika Olimpiade Hardiknas 2021, Medali Perunggu Bidang Matematika Tingkat Guru dan Mahasiswa Nasional dalam Olimpiade Hardiknas 2022 serta Medali Perak Bidang Matematika Tingkat Guru dan Mahasiswa Nasional dalam Olimpiade Muslim Muda Indonesia 2022. 

Selain aktif dalam mengikuti berbagai perlombaan, mahasiswa kelahiran Bandung ini juga sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan dalam lingkup Fakultas Peternakan,"Saat ini Irfan menjadi Kepala Departemen Sinegama BEM Fakultas Peternakan periode 2022 dan juga anggota UKM Cattle Buffalo Club. 

Karena keaktifannya mengikuti berbagai kegiatan baik akademik dan non akademik, dalam kurun waktu 1 semester bisa mengikuti hampir 7 kompetisi dalam satu waktu, bahkan Irfan pernah mengiktui 4 bidang perlombaan sekaligus dalam 1 hari. 

Tujuannya dalam mengikuti berbagai lomba tidak lain untuk bisa menambah relasi dan mengasah kemampuannya sehingga lebih berkembangKetika mengikuti lomba, Irfan merasa senang bisa mewakili Universitas Padjadjaran khususnya Fakultas Peternakan dalam berbagai perlombaan nasional. 

Walaupun bidang olimpiade yang dimenangkannya itu berbeda dengan prodi yang ia tempuh saat ini, tapi ia menganggap apapun prodi yang kita jalani saat ini bila kita memiliki ambisi serta terus diasah kemampuan untuk berprestasi akan tetap dapat menjadi seorang juara walaupun berbeda bidang. 

“Harus ada keseimbangan di bidang akademik dan nonakademik untuk mendapatkan pengalaman dan relasi sebanyak-banyaknya sebagai bekal mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Jika kita ikut lomba, jangan takut mencoba. Kapan kita tahu kemampuan kita kalau tidak banyak mencoba 

Justru kita harus banyak mencoba biar kita tahu kesalahan kita di mana dan bisa diperbaiki serta potensi apa yang dapat kita lebih kembangkan untuk masa depan," Ungkapnya. 

Irfan pun mengungkapkan rasa bersyukurnya karena telah menjadi bagian dari Mahasiswa Fakultas Peternakan. “Tentunya saya juga sangat bersyukur dapat menjadi Mahasiswa Peternakan, karena dalam ilmu peternakan yang saya pelajari. 


,"tu sangat berbeda dengan perspektif orang lain yang cenderung berbeda memandang Peternakan ini. Banyak hal yang saya dapatkan di jurusan ini yang semua itu mencakup hampir semua aspek yang dipelajari juga di prodi lain,"Bahkan prodi lain belum tentu mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari sisi lain peternakan ini. 

Saya Mahasiswa Peternakan tapi menyukai Matematika dan siapa sangka di peternakan pun saya medapatkan banyak ilmu yang mendukung minat saya dalam bidang matematika," 

Prestasi Irfan yang sudah berhasil mengharumkan nama Universitas Padjadjaran tentunya dapat menjadi motivasi untuk rekan-rekannya agar tetap dapat produktif berprestasi. “Prinsipnya adalah umpan jala. Jadi saat berlomba, jangan ikut cuman satu lomba, Saya pun tentunya selalu mengajak rekan-rekan saya untuk mengikuti berbagai kegiatan baik perlombaan maupun hal apapun yang dapat mengasah kemampuan softskill dan hardskill kita, karena dua hal tersebut yang menentukan diri kita setelah lulus dari perkuliahan," tuturnya. 


Agus/ Red

TerPopuler