Pastikan Hewan Ternak Aman dari PMK, Kapolres Majalengka Bersama Dinas Peternakan Cek Langsung Pada Hewan Peternak -->

Pastikan Hewan Ternak Aman dari PMK, Kapolres Majalengka Bersama Dinas Peternakan Cek Langsung Pada Hewan Peternak

25 Mei 2022, Mei 25, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Majalengka - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak khususnya sapi saat ini tengah merebak di wilayah Indonesia dengan kondisi tersebut, Kapolres Majalengka bersama Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Majalengka terjun ke lapangan melakukan pengecekan kesehatan hewan di peternakan sapi dan Kambing PT. SHM (Sumber Hijau Farm) Desa Kedungkencana Kecamatan Ligung.

Turut hadir Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kepala Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Majalengka Iman Firmansyah, Kasat Reskrim AKP Febry Samosir, Kasat Binmas AKP Rudy Djunardi dan Kapolsek Ligung AKP Yayat Hidayat melakukan peninjauan di salah satu pemilik hewan ternak di Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka.

Ini dilakukan untuk memastikan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak tidak menyebar di Kabupaten Majalengka, Selain melakukan peninjauan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan yang masuk dan pada kandang sapi milik PT. SHF (Sumber Hijau Farm) Desa Kedungkencana Kecamatan Ligung.

Kapolres Majalengka mengatakan, peninjauan dan penyemprotan disinfektan dilakukan akibat maraknya PMK yang melanda beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menurutnya, sebagai langkah pencegahan dan memastikan agar PMK tidak masuk Ke Kabupaten Majalengka. Rabu (25/5/2022).

“Karena maraknya PMK atau penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Jadi ini sebagai langkah antisipasi agar penyakit ini tidak masuk ke Majalengka” ujarnya.
“Harapan kita memastikan bahwa dinas terkait akan melakukan antisipasi karena wabah ini merupakan resiko kurangnya daya tahan. Kita memastikan peternak telah dilakukan sosialisasi pencegahan wabah PMK,” imbuhnya.

Selain itu Kapolres juga meminta dinas terkait untuk memberikan vitamin guna meningkatkan daya tahan pada hewan ternak, serta mencegah masuknya hewan ternak dari daerah yang terjangkit wabah PMK ke Kabupaten Majalengka.

Sementara itu pengelola ternak PT. SHF Sdr Rudi mengatakan, untuk mencegah wabah PMK pada hewan ternaknya, ia selalu menjaga kebersihan kandang hewan, Saat ini ada puluhan sapi di kandang, yang setiap harinya kadang kami bersihkan agar terhindar dari wabah PMK,” terangnya.

Rudi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka terutama Kapolres Majalangka telah datang meninjau di kadang sapi milik PT SHF. Saya akan terus memantau dan mematuhi apa yang menjadi himbauan dari Pemerintah Kabupaten Majalengka agar benar-benar terhindar dari wabah PMK,” ungkapnya.


Red, 

TerPopuler