RENCANA PELAKSANAAN REKAYASA LALU LINTAS ONEWAY DARI GT PALIMANAN UTAMA KM 188 SAMPAI DENGAN TOL JAKARTA CIKAMPEK KM 47, PADA HARI KAMIS TANGGAL 5 MEI 2022 -->

RENCANA PELAKSANAAN REKAYASA LALU LINTAS ONEWAY DARI GT PALIMANAN UTAMA KM 188 SAMPAI DENGAN TOL JAKARTA CIKAMPEK KM 47, PADA HARI KAMIS TANGGAL 5 MEI 2022

5 Mei 2022, Mei 05, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Jabar - Polda Jabar akan memberlakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan kendaraan yang terpantau mulai padat di ruas tol Cipali pada Kamis (5/5/2022).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR ( volume capacity Ratio ) sebesar 1,19, disamping itu dari data arus lalu lintas hari Rabu tanggal  4 Mei 2022 dr pkl 06.00 wib sd 18.00 wib yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami trend peningkatan.

Dir Lantas Polda Jabar Kombes Pol. Romin Thaib S.I.K., M.Si mengatakan bahwa  melalui pemantauan CCTV  baik yang ada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital, memang terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari Timur menuju ke arah Barat , selain itu  berdasarkan pantauan anggota dilapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Mendasari hal tersebut, maka demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, Polda Jabar  akan memberlakukan rekayasa lalu lintas oneway.

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis tgl 5 Mei 2022 pukul 11.00 sd 24.00 wib dimulai dari GT Palimanan utama km 188 sd km 72 Cikampek dilanjutkan contra flow sd tol Jakarta Cikampek km 47 dan Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur." ucap Romin Thaib.

Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa oneway akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada, namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka  rekayasa lalin oneway akan ditingkatkan dari GT Palimanan utama Km 188 sd tol Jakarta Cikampek km 47 ( tanpa relaksasi ) dan diperpanjang waktunya. 

Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi / pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam  sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway ( jam 09.00 ) setelah itu rekayasa lalin oneway akan dimulai pukul 11.00 wib.

"Setelah pelaksanaan oneway pukul  24.00 wib akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan oneway ( 02.00 ) setelah itu jalur akan dibuka secara normal." tutur Kombes Pol. Romin Thaib

Bandung 5 Mei 2022


Dikeluarkan : Bid Humas Polda Jabar

TerPopuler