Teknik Elektro Unpad Memberikan Pelatihan Energi Baru Terbarukan dan Pasang Lampu PJU Tenaga Surya di Kecamatan Leles -->

Teknik Elektro Unpad Memberikan Pelatihan Energi Baru Terbarukan dan Pasang Lampu PJU Tenaga Surya di Kecamatan Leles

17 Mei 2022, Mei 17, 2022
Pasang iklan
Dr.Muhammad Taofik Memberikan bantuan PJU Tenaga Surya hasil penelitiannya secara simbolis kepada Kepala Desa Leles Tony Triswandi di Saksikan oleh Sekcam Leles. (foto-agus)" 

Aspirasijabar | Jatinangor - Program Studi Sarjana Teknik Elektro Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut. 

Kegiatan ini dimotori oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro FMIPA Unpad Dr. Mohammad Taufik. Tujuan kegiatan ini adalah memberi wawasan dan pengetahuan praktis akan pemanfaatan energy baru terbarukan berupa energy tenaga surya sekaligus pemasangan Lampu PJU Tenaga Surya yang merupakan hasil penelitian Dr. 

Muhmammad Taofik Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 12 Mei 2022 yang bertempat di Aula Desa Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut. 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Sekertaris Camat Leles Dudi Suryadi,S.STP.,M.Si Kasi PMD Siti Musaadah,S.Sos, Kasi Kesra Dony Januari.S.IPM.Si,.Kepala Desa Leles Tony Triswandi, Perangkat Desa Leles,BPD,LPM,PKK,Pengurus Bumdes dan Masyarakat Desa Leles. 

Kegiatan di mulai dengan Pelatihan Energi Baru Terbarukan dengan nara sumber Ketua Program Studi Teknik Elektro FMIPA Unpad Dr.Muhammad Taofik dan Penjelasan tentang PJU Tenaga Surya dan di lanjutkan dengan Pemasang PJU Tenaga Surya. Dalam kesempatan tersebut Sekertaris Camat Leles mengatakan, “Saya selaku pribadi dan lembaga mengucapkan terima kasih kepada Teknik Elektro Unpad yang telah memberikan wawasan kepada aparat Desa Leles dan Masyarakat Desa Leles tentang pemanfaatan energi baru terbarukan serta pemberian bantuan Lampu PJU Tenaga Surya. 

Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Pemasangan Lampu PJU Tenaga Surya ini sangat penting dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat serta menunjang aktifitas perekonomian dan mobilitas warga di malam hari 
Dr. Mohammad Taufik Sedang mengawasi Pemasangan PJU Tenaga Surya (Foto:Agus)" 

Kepala Desa Leles Tony Triswandi mengatakan “Saya atas nama Masyarakat desa leles mengucapkan terima kasih terhadap Teknik Elektro Unpad yang telah memberikan wawasan dan pencerahan kepada warga kami tentang energy baru terbarukan dan juga terima kasih atas bantuan PJU Tenaga Surya ini yang sangat bermanfaat bagi warga kami dan Pelatihan yang di berikan oleh teknik elektro ini sesuai dengan program desa kami yaitu Desa Wisata. 

Sementara itu Ketua Program Studi Sarjana Teknik Elaktro Dr. Mohammad Taufik mengatakan, "Tujuan kegiatan ini adalah silaturahmi, merintis kerjasama, dan memasang Lampu PJU Tenaga Surya. Lampu ini merupakan hasil penelitian yang memiliki komponen Power Combigen yang dapat mengontrol koneksi antara panel surya dengan lampu LED dan antara beterai dengan lampu LED sehingga baterai tidak mengalami overcharging dan overdischarging sehingga dapat bertahan lebih lama. 

Lampu PJU Tenaga Surya ini dibuat secara terintegrasi, menggunakan sensor 

cahaya dan sensor ultrasonik. Dengan sensor surya maka lampu dapat menyala dan padam secara otomatis. Dengan sensor ultrasonik maka lampu dapat dioperasikan dengan menggunakan remote dan dapat mengatur intensitas lampu secara otomatis.”. 

Dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Leles mengharapkan Teknik Elektro Unpad dapat mengembangkan pompa air submersibel tenaga surya yang dapat memompa air dari sungai ke pesawahan pada musim kemarau.


Sumber : (agus)" 
Red, 

TerPopuler