Pelepasan Siswa TKQ,TPQ,TPA : Helldy Ajak Guru Untuk Berikan Ilmu dan Adab Kepada Siswa -->

Pelepasan Siswa TKQ,TPQ,TPA : Helldy Ajak Guru Untuk Berikan Ilmu dan Adab Kepada Siswa

14 Jun 2022, Juni 14, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Cilegon - Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian menghadiri sekaligus membuka Haflah Musyahadah Santri PAUD Al-Qur'an, TKQ dan TPQ Binaan Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur'an dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Cilegon Tahun 2022 bertempat di Hotel The Royale Krakatau, Selasa (14/06/2022).

Haflah Musyahadah ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh BKPAKSI Kota Cilegon, dalam rangka memberikan apresiasi dan motivasi kepada para santri TKQ, TPQ dan PAUD Al-Qur'an yang telah berhasil menjalani masa pembelajarannya dengan baik. Pada tahun ini Haflah Musyahadah diikuti sebanyak 995 peserta yang terdiri dari PAUD Al-Qur'an 7 orang, TKQ 120 orang dan TPQ 868 orang.

Dalam sambutannya Helldy menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini."Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi - tingginya kepada seluruh jajaran dan pengurus BKPAKSI kota Cilegon atas dedikasi nya terhadap pembangunan SDM di kota Cilegon," ucapnya.

Selanjutnya, Helldy menjelaskan bahwa pendidikan agama dapat menumbuhkan anak - anak menjadi pribadi yang saleh dan salehah. "Anak - anak sejak dini harus dibekali pendidikan agama, sebab pendidikan agama sangat penting untuk menumbuhkan agar supaya anak - anak dapat menjadi pribadi yang saleh dan salehah sehingga nanti akan tercipta SDM yang memiliki moral, etika dan budi pekerti yang tinggi dimana hal itu dapat menunjang pembangunan daerah yang lebih baik sebab didukung oleh pribadi yang bertanggung jawab baik kepada negara, agama dan keluarga," jelasnya.

Lebih lanjut, Helldy menghimbau kepada guru - guru TKQ, TPQ dan Paud Al-Qur'an untuk meningkatkan keikhlasan dalam mengajar dan mendidik anak - anak. "Ilmu tinggi akhlak dan adab rendah itu tidak akan menjadikan kita apa - apa, maka kita harus membangun akhlak sejak dini khususnya untuk anak - anak Cilegon ini oleh karena itu saya minta kepada guru - guru terutama yang mengajar dan mendidik anak - anak kecil ini agar supaya ikhlas dalam memberikan pendidikan sehingga bisa menjadikan anak - anak Cilegon ini menjadi generasi emas kedepannya," imbuhnya.

Helldy berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi wali santri untuk terus berupaya dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak - anaknya. "Saya harap kepada seluruh pihak terutama orang tua dan guru agar supaya bersama - sama meningkatkan kualitas pendidikan kepada generasi penerus kita, sebab hal ini bukan hanya menjadi peran dan kewajiban dari pemerintah daerah saja tetapi peran orang tua dan gurulah yang sangat penting dalam memberikan pendidikan kepada anak - anak kita," ungkapnya.
Ditempat yang sama Direktur BKPAKSI Kota Cilegon Ahmad Sukri menyampaikan. Tujuan pertama memberikan apresiasi kepada santri. Kepada Wali santri. Kepada Ustad dan Ustadzah yang selama ini mengajar kepada forum (BKPAKSI) di 8 Kecamatan Kota Cilegon. Bahwa mereka sudah melakukan sesuatu gerakan untuk memajukan pendidikan Al-quran di Kota Cilegon. Kemudian kesenjangan mereka untuk berkorban mengkondisikan waktu mendidik anak-anak nya juga secara finansial memberikan dukungannya kepada kami, karna tidak ada satupun unit yang sifatanya Negri. Itupun Semuanya milik masyarakat."Tuturnya.

Lebih lanjut Ahmad Sukri. Kami kasih apresiasi, kegiatan di Kota Cilegon tersebut. awalnya kami tidak melaksanakan secara  besar - besaran tetapi ini adalah  keinginan dari masyarkat jadi alhamdulilah berjalan lacar dan alhamdulilah pemerintahan Kota juga mensupport. Berharap kedepan bisa memacu motivasi sampai tingkat yang paling tinggi,"Imbuhnya.

Bpkaksi Kota Cilegon tahun ini meluluskan siswa siwi kurang lebih 1000santri Lulus dengan nilai terbaik." Kurang lebih Ada 146 dari TK. TPA. TPQ. TKQ yang kami bina satu Kota, dengan sebelas ribu lebih jumlah santri seKota Cilegon. Tetapi yang wisuda hari ini kurang lebih ada seribu santri yang ikut wisuda pagi ini dari tiga tingkat jenjang. Jenjang yang pertama dari tingkat Al-quran. Kemudian yang kedua adalah TKQ kemudian yang ketiaga adalah TPQ."Terangnya.

"Ia berpesan kepada anak - anak jngn berhenti di jenjang TPQ saja, tetapi lanjut kejenjang yang lebih tingi lagi. kami juga mempunyai yang nama nya TQA dan ini pun merupakan bekal dasar untuk memasuki Dunia Pesantren, dimana skrang ini lagi ngetren Pesantren sambil Sekolah."Tegas Ahmad Sukri S.Ag.Mpd.MH. Direktur Utama BPKAKSI Kota Cilegon.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden Nasional BKPAKSI Pusat, KH. Moh. Jazir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon, Lukmanul Hakim, Ketua dan Pengurus BKPAKSI Provinsi Banten, Ketua BKPAKSI Kota Cilegon beserta jajaran, Perwakilan MUI Kota Cilegon dan Wali Santri TKQ, TPQ dan PAUD Al-Qur'an.

Sementara itu ditempat yang sama. Perwakilan Wali Santri dari TPQ Al-Furqon 3 Kecamatan Citangkil, Ratu Rian Apriani menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru - guru yang telah sabar dalam membimbing dan mendidik para santri. "Saya sampaikan terima kasih kepada ustadz dan ustadzah yang sudah berjasa, sabar dan penuh kasih sayang dalam mendidik dan membimbing anak - anak kami, sehingga diharapkan anak - anak kami kedepan dapat tumbuh menjadi generasi yang baik yang bisa membanggakan ustad dan ustadzah, orang tua serta pemerintah," pungkasnya.


Jurnalis: Neni

TerPopuler