Kelurahan Jombang Wetan: Nurul Imbau Tidak Ada lagi Rt/Rw Kader Tebang Pilih Terkait Bansos, Jika ada ini Konsekuesninya -->

Kelurahan Jombang Wetan: Nurul Imbau Tidak Ada lagi Rt/Rw Kader Tebang Pilih Terkait Bansos, Jika ada ini Konsekuesninya

14 Jul 2022, Juli 14, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Cilegon - Kelurahan Jombnag Wetan bersama Dinas Sosial mengelar rapat koordinasi dan Sosialisi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bersama Rt/Rw, Kader seKelurahan Jombang Wetan, kegiatan yang digelar di gedung aula Kelurahan, Pada Kamis. (14/07/2022).

Seperti diketahui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah basis data yang digunakan pemerintah untuk menyalurkan bansos PKH dan BPNT ke waraga. Masyarkat, bisa cek terdaftar di DTKS Kemensos apabila sudah melakukan pendaftaran sebelumya dan diterima sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Usai acara, Lurah Jombang Wetan Nurul menyampaikan."Alhamdulillah pada saat ini Pemerintah Kota Cilegon melalui bapak Walikota dan bapak Wakil Walikota menginstruksikan kepada semua Kelurahan dan Dinas Kota Cilegon agar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) ini menjadi muara dari segala sumber bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat, maka dari itu bapak Walikota dan Wakil Walikota menginstruksikan agar tidak ada lagi kegiatan ataupun bantuan yang tidak tepat sasaran."Tuturnya.

Nurul juga menghimbau kepada seluruh Rt/Rw, kader sekelurahan Jombang Wetan tidak ada lagi yang namanya tebang pilih terkait data yang di ajukan ke kelurahan, jika di temukan ada Rt/Rw atau kader yang tebang pilih, hanya pihak keluaraga Rt dan Rw aja yang di ajukan maka pihak kelurahan akan memberika konsekuensi sesuai aturan Kelurahan yang berlaku.

"Disinilah yang kami mohon kepada Rt/Rw dan kader untuk mendata ulang data -  data yang sudah diberikan oleh Dinsos Kota Cilegon atau di DTKS ini mana - mana yang akan diverifikasi, mana yang sudah tidak layak, mana yang meninggal, mana yang pindah, inilah saatnya Rt/Rw untuk mendata ulang agar kedepan tidak ada lagi bantuan yang tidak tepat sasaran dan tidak tebang pilih."Ungkap Lurah Jombang Wetan Nurul.
Selain itu, fungsi Rt/Rw adalah kepanjangan tanagan dari pemerintah, agar senantiasa bisa menjaga amanah khususnya ke warga nya masing - masing.

"Rt/Rw sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah ataupun dari Kelurahan, di luar dari Rt/Rw yang mengajukan kita tidak terima, maka dari itu tadi kita sudah jelaskan mohon kepada Rt/Rw juga agar kriteria - kriteria itu tetap harus diperhatikan dan tidak tebang pilih. Yang mana yang harus dibantu itu yang harus diusulkan, mana yang sudah layak ataupun tidak dapat bantuan itu yang harus dikeluarkan,"Jelas Nurul.

Lebih lanjut, Nurul juga menyatakan."Selanjutnya di kelurahan kita akan saring lagi mana yang harus di coret, seperti apa nanti akan kita verifikasi ulang, disini kita punya Babinsa dan Babinkamtibmas, akan siap membantu jika ada Rt/Rw dan Kader yang tidak tepat sasaran akan ada konsekuensinya, insya Allah nanti Apabila ada pengaduan dari masyarakat nanti kita tindaklanjuti."Tegas Lurah Jombang Nurul.

Nurul juga berharap Kelurahan Jombang bisa menjadi pelayanan prima bagi masyrakat, khususnya di sosial, sehingga masyrakat bisa merasakan manfaatnya.

"Berharap kelurahan Jombang Wetan Ini dengan adanya verifikasi ulang data, dengan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya tentang pelayanan bantuan sosial (bansos) baik itu kesehatan sosial dan kemasyarakatan segala macam bisa teratasi, mudah - mudahan nanti kedepannya lebih tertib dan lebih tepat sasaran."Harap Lurah Jombang Wetan Nurul.

Jurnalis: Sunaeni

TerPopuler