Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi Silase' di Desa Cinanjung -->

Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi Silase' di Desa Cinanjung

8 Agu 2022, Agustus 08, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Pandemi penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus menjadi momok bagi kalangan peternak kambing, sapi, domba akhir akhir ini.

Guna mengantisipasi penyebaran virus PMK dan untuk meningkatkan sumber daya peternak di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari. Pemerintah Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari bekerja sama dengan Young Farmer Farm mengadakan pelatihan sekaligus Praktek pengolahan pakan ternak secara fermentasi sekaligus pencegahan penyakit PMK dan meningkatkan Sumber daya kepada Peternak domba yang berada di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari pada hari Sabtu 6/8/2022.

Rizky Prasetiadi, S.Pt.,M.Pt Alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang sekaligus menjadi narasumber pelatihan mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan usaha produktif kelompok ternak dan peningkatan usaha dalam bidang peternakan yakni pembuatan pakan 'Silase. 
Peserta Pelatihan sedang Praktek Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (foto agus) 

Pelatihan pembuatan pakan ternak silse ini ini sangat mudah yaitu dengan proses fermentasi, rumput rumputan atau hijauan lainnya dapat diolah menjadi “Silase. Pakan ternak tersebut mengandung nutrisi tinggi dan tahan lama sehingga bisa menjadi alternatif pakan saat musim paceklik. 

“Kegiatan ini akan terus kami tularkan ke kelompok ternak dan kami siap memberikan pendampingan bersama tim Young Farmer Farm dalam memberikan pelatihan di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari ," ujarnya. 

Ditempat yang sama Kepala Desa Cinanjung Rohidin Nurdiono mengatakan. 

Selamat datang kepada Nara Sumber yang telah memberikan ilmu kepada peternak di desa kami dan Harapan kami kedepannya dapat meningkatkan mutu dan kualitas peternak di desa cinanjung terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak bridding dan usaha penggemukan di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari, dimana kegiatan tersebut dapat menjadi pengetahuan bagi peternak untuk bisa berinovasi dalam penyediaan pakan ternak”. 

Rohidin menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan SDM Peternak di Desa Cinanjung. 

Peserta sangat bersyukur dan antusias mengikuti pelatihan karena bisa menjadi salah satu solusi bagi para peternak dalam menghadapi panceklik yang bisa datang kapan saja dan dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan hewan ternak. Selain itu peserta berharap agar kedepan ada acara yang sejenis yang tujuannya untuk meningkatkan skil/dan hasil produksi usaha mereka. 

(Red/Agus) 


TerPopuler