Kecamatan Mancak Terima Bantuan Nutrisi Gizi Sehat, DWP "Upaya Penurunan Angka Stunting -->

Kecamatan Mancak Terima Bantuan Nutrisi Gizi Sehat, DWP "Upaya Penurunan Angka Stunting

15 Nov 2022, November 15, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kab, Serang - kecamatan mancak terima bantuan nutrisi gizi sehat, upaya penurunan angka stunting di wilayah mancak, dengan tema" Fokus turunkan angka stunting" kegiatan yang dilaksanakan di depan halaman kantor Kecamatan Mancak pada, Selasa.(15/11/2022) pagi.

Dampak stunting pada Anak
sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa masa usia anak - anak di bawah lima tahun adalah masa-masa keemasan (golden age) bagi pertumbuhan anak. Pada masa tersebut anak - anak akan menyerapkan informasi dari lingkungan sekitarnya dan akan terekam lama dalam memorinya. Hal ini akan menentukan pola pikir dan perilakunya dimasa yang akan datang. Sehingga pada masa tersebut sangat penting untuk diberikan asupan nutrisi yang cukup serta stimulus atau rangsangan komunikasi,

Pemberian bantuan nutrisi gizi sehat oleh persatuan darma wanita provinsi (DWP) Provinsi Banten, sekaligus sosialisasi dari Kemenkes terkait gizi sehat dan seimbang, bagi masyrakat Mancak yang dihadiri langsung Oleh Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Kepla DKBP3A Provinsi Banten, Camat Mancak Erwin Saepullah, Sekmat Mancak Udin, Ketua Dharnawanita Provinsi Banten beserta anggota, kepala Dinas P3A, Ketua Baznas Provinsi Banten, Ketua DWP Kab Serang beserta pengurus, Dinkes Provinsi, staf ahli gizi kesehatan Pusat, DWP Kecanatan Para Kepala Desa se kecamatan Mancak, ketua MUI Mancak dan jajaran  muspika mancak.

Menurut data kesehatan Penyebab Stunting pada Anak, yakni faktor lingkungan dan genetik adalah aspek penting yang masih dapat diintervensi sehingga perawakan pendek atau stunting yang dapat diatasi. Menurut Camat Mancak Erwin. "Kami menyambut baik segala upaya - upaya seluruh stake holder pemerintahan maupun masyrakat dalam rangka menuntaskan persoalan stunting di wilayah Kecamatan Mancak pada khususnya. Dan di wilayah Kabupaten Serang pada umumnya. Sehingga harapan kami pada taun 2023 kasus - kasus stunting yang berada di wilayah kecamatan mancak dapat di minimalisir pada tingkat yang paling rendah,"Papar Camat Mancak Erwin kepada awak media Aspirasijabar.

Tindakan pencegahan stunting tentu lebih bijak dilaksanakan oleh semua orang di lingkungannya, terutama yang terdapat anak balita dan pasangan usia muda, terhadap kemungkinan terjadinya stunting, daripada harus melakukan upaya penanganan setelah stunting itu terjadi. Biaya pencegahan stunting tentu lebih murah dan dampaknya tentu akan lebih terkendali, daripada apabila sudah terjadi stunting. "Oleh karena itu dengan hadir nya bantuan - bantuan dari tingkat pusat Provinsi atau Kabupaten itu sebuah pendorong utama bagi kami, dan komitmen kami untuk terus memerangi stunting, akan tetap kami juga akan selalu bersinergi dengan seluruh elemen masyrakat untuk melakukanya mencapai hal tersebut. "Pungkas Camat Erwin Saepullah.(*/red)


Reporter: Neni

TerPopuler