Dani Nurahman Mengulas Pentingnya Pendidikan Pembentukan Karakter -->

Dani Nurahman Mengulas Pentingnya Pendidikan Pembentukan Karakter

9 Des 2022, Desember 09, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Ngobrol Informasi Solukttif Edukatif bersama Kabid Pembangunan Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H. Dani Nurahman S.Ap., M.Ap., terkait pendidikan pembentukan karakter anak bangsa.

Dani Nurahman menjelaskan perlunya pendidikan pembentukan karakter agar sifat karakter anak-anak bangsa bisa dituntun ke hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya hingga kehidupan berbangsa dan bernegara, tutur Dani Nurahman di ruangan kerjanya jalan Ahmad Yani Bandung, Jumat, 09/12/22.

"Seperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Menurut Dani, setidaknya ada alasan-alasan mengapa pendidikan pembentukan karakter harus diberikan kepada para siswa sebagai warga negara sejak dini, diantaranya;

Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya.

Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.

Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain.

Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain.

Dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk.

Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah, dan lain-lain.

Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.

Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

"Dari penjelasan alasan-alasan tersebut kita menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi setiap orang. Dengan demikian, maka para guru, orang tua dan kita semua, sudah seharusnya senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak kita untuk hal positif dalam menjalankan kehidupannya dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara." Jelasnya.


Red.

TerPopuler