Fapet Unpad Menyelenggarakan Studium Generale “Biosecurity and Implementation On animal Farm” -->

Fapet Unpad Menyelenggarakan Studium Generale “Biosecurity and Implementation On animal Farm”

3 Mar 2023, Maret 03, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum dengan judul Studium Generale: Biosecurity and Implementation on Farm. Kuliah umum ini diadakan di Bale Sawala, Rektorat Universitas Padjadjaran pada hari Kamis, 2 Maret 2023. 

Kuliah umum ini, yang diketuai oleh Manajer Riset, Inovasi dan Kemitraan Fapet Unpad Dr. Diky Ramdhanj, S.Pt., M.Anim., Ph.D. diisi oleh empat orang guru tamu dari Australia, yaitu Anthony Green, Research Farm Manager dari Departemen Industri, Turisme and Perdagangan di Northern Territory Government: Gretel Bailey, Preston Livestock Research Officer dari Department of Industry, Tourism and Trade di Northern Territory Government, Tegan Dunn, seorang Vocational Education Trainer di Charles Darwin University, dan Joshua Laurie, Station Hand dari Newcastle Waters Station CPC, Australia. Luke Bowen sebagai Deputy CEO dari Departemen Industri, Turisme dan Perdagangan di Northern Territory Government memberikan kata sambutan secara online melalui Zoom dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan optimismenya terhadap hubungan kerja sama dengan Fakultas Peternakan. 

Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Rahmat Hidayat,S.Pt.,M.Si.IPM merbuka Kuliah Umum dengan menyatakan harapan fakultas agar kuliah umum ini dapat mendukung pertukaran ilmu, dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kesejahteraan ternak di antara mahasiswa Unpad.

“Dengan senang hati kami menyambut Anda semua di Studium Generale yang diselenggarakan oleh Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. 

Universitas Padjadjaran dengan julukan “Unpad” merupakan salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia dan memiliki visi untuk menjadi universitas kelas dunia. Unpad menempati peringkat ke 7 Universitas terkemuka di Indonesia dan masuk dalam 751 hingga 800 besar dunia menurut OS World University Ranking 2023. 

Guna mencapai cita cita sebagai universitas kelas dunia dan naik peringkat menjadi top 500 pada tahun 2024, Unpad menyelenggarakan berbagai event internasional, antara lain Studium Generale ini berkolaborasi dengan narasumber terkemuka untuk mendukung pertukaran ilmu dan peningkatan kesadaran kesejahteraan di kalangan mahasiswa dan mahasiswa. akademisi Indonesia. 

Tema stadium generale ini yaitu Biosekuriti dan Implementasi pada Peternakan dipilih karena sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan menerapkan biosekuriti dalam peternakan untuk mencegah masuk dan menyebarnya penyakit. Juga, melindungi manusia dari penyakit zoonosis dan menunjukkan komitmen terhadap kesehatan hewan dan keamanan pangan. 

Studium general ini menawarkan kesempatan bagi Anda untuk mengemukakan ide dan memperkuat kolaborasi, seperti dalam penelitian, magang mahasiswa dan dosen undangan selanjutnya. Pembicara tamu kami telah mengundang Bapak Anthony Green Departemen Perindustrian, Pariwisata, dan Perdagangan wilayah Utara dan Ibu Tegan Dunn dari kampus pedesaan Cherles Darwin University Katherine. 

Mereka ahli dalam bidang ini dan kami yakin kami bisa mendapatkan wawasan dari pengetahuan dan pengalaman mereka. Izinkan saya mengakhiri pidato ini dengan menyambut Anda sekali lagi di Studium generale ini. Terima kasih banyak untuk para dosen, peserta dan panitia. Kami harap Anda semua akan memiliki sesi yang menarik dan memperkaya di masa depan. 

Peluang ini sangat penting untuk memperkuat jejaring dan membuka kolaborasi di antara kita dalam waktu dekat." 
Mahasiswa Fapet sedang menyimak materi yang di sampaikan oleh Narasumber (foto agus)" 

Anthony Green dan Gretel Bailey menjelaskan mengenai berbagai riset yang telah mereka lakukan untuk meningkatkan efisiensi produksi sapi di Australia bagian utara,"Tegan Dunn dan Joshua Laurie membagikan pengalaman mereka sebagai pelatih dan edukator vokasi bidang peternakan dalam menerapkan biosekuriti di antara peternak Australia. Berbagai pertanyaan telah diajukan oleh mahasiswa, dimana pertanyaan akan penyakit mulut dan kuku, penyakit kulit berbenjol (LSD) serta cara pencegahannya menjadi kekhawatiran utama. 

"Hari ini kami membagikan tentang biosekuriti di Australia pada Indonesia sebagai partner bisnis dekat kami, "Kami berbicara mengenai penyebaran penyakit hewan dan manusia, apa yang bisa kami lakukan untuk mencegahnya, apa yang harus kami lakukan saat terjadi wabah di Australia, dan bagaimana meningkatkan biosekuriti di Peternakan Indonesia." Ucap Anthony Green, 

“Semoga usaha peternakan Indonesia semakin maju. Banyak mahasiswa yang menanyakan pertanyaan yang cerdas dan fasilitas Unpad sangat baik. Diskusi iji sangat penting karena banyaknya peternakan di Indonesia, dan kesadaran akan pencatatan serta pencegahan penyebaran penyakit akan sangat bermanfaat." 

Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terutama bagaimana industri peternakan sapi di Australia dalam penerapan biosekuriti pada usaha peternakannya, sehingga hisa menjadi gambaran dan pembanding dengan apa yang ada di Indonesia. 

Sementara Kepala Unit Internalisasi Fapet Unpad Rangga Setiawan,S.Pt.,M.Si.,Ph.D. mengatakan 

“Manfaat dari Kuliah umum ini adalah selain introduksi pengetahuan dan teknologi bagi civitas fakultas peternakan, juga meningkatkan kolaborasi untuk kegiatan kegiatan akademik lainnya, salah satunya membuka tempat internship mahasiswa di peternakan sapi di Australia, serta membuka peluang untuk pengundangan dosen asing pada mata kuliah” 

“Pembicara dari Australia pada kesempatan ini dipilih karena fakultas sudah mempunyai kolahorasi dalam program internship mahasiswa yang tertunda akibat pandemic covid, dan sekarang fakultas ingin membuka dan meneruskan kembali program tersebut dan Fakultas berharap program program yang sudah dijajaki dengan pihak Australia dapat terlaksana dengan baik, dan civitas fakultas peternakan terutama mahasiwa dapat berpartisipasi dengan baik dalam program program tersebut”ujarnya. 

Kuliah umum ini telah menyediakan kesempatan untuk kolaborasi industri maupun pendidikan peternakan antar negara, terutama dalam penelitian, program magang dan kesempatan kerja antara Indonesia dengan Australia. (ap) 


Editor" Nang obet

TerPopuler