Sertu Bambang Babinsa Koramil 1110/Banyuresmi Kodim 0611/Garut, Mengingatkan Pentingnya Ukhuwah Islamiah -->

Sertu Bambang Babinsa Koramil 1110/Banyuresmi Kodim 0611/Garut, Mengingatkan Pentingnya Ukhuwah Islamiah

18 Des 2023, Desember 18, 2023
Pasang iklan
 

Aspirasi Jabar || Garut - Babinsa Desa Binakarya Koramil 1110/Banyuresmi Kodim 0611/Garut, Sertu Bambang yang didampingi Koptu Jajuli Babinsa Desa Bagendit, memberikan siraman rohani dalam momentum pengajian Desa Bagendit, diakhiri tahun 2023. 

Kegiatan pengajian Desa akhir tahun 2023 dihadiri 245 jamah, yang dilaksanakan bertempat di Masjid Al-Ikhlas Kampung Pasir Hayam Rw.12, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Sabtu, 16 Desember 2023.



Dalam ceramahnya, Sertu Bambang mengingatkan Ukhuwah Islamiyah adalah konsep persaudaraan Islam agar hubungan sesama umat Islam senantiasa harmonis, dapat membangun silaturahmi dan bertujuan membangun kerukunan sesama umat. 

"Dengan pondasi tersebut diharapkan mampu menyatukan dan meningkatkan perdamaian," tegasnya.

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat, ungkapnya sesuai keterangan (QS.Al-Hujurat :10).

Selain itu juga, Nabi Muhammad SAW menegaskan dalam sabdanya yang menyatakan tidak ada perbedaan antara orang arab dan non arab kecuali ketakwaan. 

Beliau bersabda, Ketahuilah tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas non Arab, tidak pula sebaliknya.


Tidak juga bagi orang yang berwarna kulit merah dengan yang berwarna hitam, atau sebaliknya melainkan (keutamaan) dengan ketakwaannya. (HR.Ahmad).

Lanjut Sertu Bangbang hak dan kewajiban ukhuwah Islamiyyah antar lain; saling tolong menolong, tidak mendhalimi saudaranya, saling menaruh simpati, memberi nasehat, baik dari segi permasalahan agama maupun dunianya, membalas salam, saling mencintai saudaranya muslim seperti ia mencintai untuk dirinya. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler