Siswa/Siswi SMP/MTS Membanjiri SMK Pasundan Jatinangor -->

Siswa/Siswi SMP/MTS Membanjiri SMK Pasundan Jatinangor

20 Feb 2024, Februari 20, 2024
Pasang iklan


Siswa/Siswi SMP/MTS sedang melihat Laboratorium OTKP SMK Pasundan Jatinangor (foto agus)


Aspirasi Jabar || Sumedang - Dalam rangka mengisi kegiatan PSB 2024 (Penerimaan Siswa Baru), sekaligus mengenalkan SMK Pasundan Jatinangor kepada para siswa dan siswi di jenjang SMP. SMK Pasundan Jatinangor mengadakan acara “Pameran Pengenalan Lingkungan Pendidikan” yang dilaksanakan Senin s/d Selasa (19-20 Februari 2024) bertempat di Kampus SMK Pasundan Jatinangor, Sejumlah SMP baik Negeri maupun Swasta memenuhi undangan dari SMK Pasundan Jatinangor mengenal lingkungan SMK Pasundan Jatinangor dengan melihat paslitas Laboratorium,Perpustakaan dan Kelas kepada para siswa dan siswi SMP kelas IX.
Kegiatan promosi sekolah ini selain bertujuan untuk lebih mengenalkan SMK Pasundan Jatinangor kepada siswa dan siswi SMP dan juga sebagai wadah untuk melatih kemampuan berbicara (public speaking) para siswa dan siswi SMK Pasundan Jatinangor Dimana dalam perkembangan dunia yang begitu pesat, khususnya dunia kerja tidak hanya dibutuhkan manusia dengan hard skillnya saja, tetapi juga soft skill. Kemampuan soft skill yang perlu diasah antara lain public speaking, public relation, networking, dan lain sebagainya.
Kepala Sekolah SMK Pasundan Jatinangor Nunung Kurnia,S.T.,M.Pd mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan SMK Pasundan Jatinangor kepada murid-murid SMP khususnya yang berada di kelas IX. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar murid-murid SMP memiliki pengetahuan tentang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya di SMK Pasundan Jatinangor. Siswa-siswi yang bertugas untuk bersosialiasi pun memiliki kesempatan untuk bersilaturahmi dengan adik-adik kelasnya”.

Siswa/Siswi SMP/MTS sedang melihat Laboratorium OTKP SMK Pasundan Jatinangor (foto agus)*

“Dalam menghadapi perkembangan teknologi ini SMK Pasundan juga meningkatkan kualitas guru serta fasilitas Pendidikan yang di lengkapi, selain itu siswa dan siswi SMK Pasundan kami bekali dengan soft Skil tentang perkembangan teknologi dan juga kami tanamkan jiwa enterpreneur atau jiwa kewirausahaan yang di barengi dengan pendidikan agama, SMK Pasundan Jatinangor menyalurkan alumninya ke tempat kerja seperti di jepang atau kita sering mengadakan rekrutmen pegawai bagi perusahaan yang di peruntukan buat alumni SMK Pasundan Jatinangor, Alumni kita sudah banyak dan sudah ada bekerja di pemerintahan,di Perusahaan Swasta,menjadi Mubalig dan juga berwiraswasta. dan SMK Pasundan juga sudah bekerjasama dengan perusahaan dalam rekrutmen pegawai melalui BKK SMK Pasundan Jatinangor yang di harapkan siswa dan siswinya dapat terserap ke dunia kerja” ujar Nunung.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Gustian,S.Pdi menjelaskan dan memperkenalkan fasilitas, ekstrakurikuler, pembelajaran, lokasi dan cara pendaftaran di SMK Pasundan Jatinangor, terdapat pula demonstrasi dari masing-masing program keahlian seperti Program Teknik Sepeda Motor,Teknik Kendaraan Ringan,Administrasi Perkantoran dan Akuntansi. Demonstrasi ini bertujuan agar murid-murid SMP/ MTs dapat lebih memahami ranah kompetensi yang nantinya akan mereka lakukan saat memilih sebuah program keahlian di SMK Pasundan Jatinangor. Siswa-siswi yang melakukan demonstrasi juga berlatih untuk mempraktikkan kompetensi yang telah mereka kuasai dengan percaya diri. Selain itu, beberapa informasi penting juga disampaikan dalam sosialiasi ini. Informasi itu misalnya tentang Fasilitas, kegiatan Ekstrakulikuler dan Prestasi yang telah di capai oleh SMK Pasundan Jatinangor.
Nabila Afrilia Siswa MTS Ma’arif Jatinangor Mengatakan “sangat senang mengikuti kegiatan ini karena saya jadi lebih mengenal SMK Pasundan Jatinangor yang mempunyai Fasilitas yang lengkap di mana di kelas sudah terpasang infocus dan CCTV serta Laboratorium yang fasilitasnya lengkap dan nyaman, saya tertarik ingin melanjutkan studi di SMK Pasundan Jatinangor yaitu jurusan Administrasi Perkantoran.Pertama kali melihat SMK Pasundan gedung danmegah dan sangat bagus serta nyaman untuk pembelajaran di tunjang dengan kegiatan ekstrakulikuler yang begitu bagus dalam pengembangan minat siswa, kegiatan juga ada penyuluhan bahaya narkoba sangat bermanfaat bagi saya dan teman teman jadi tau akan bahaya dari narkoba”.
Guru dan Siswa-siswi yang bertugas memperkenalkan SMK Pasundan Jatinangor melakukan sosialisasi dengan cara yang seru, asyik, dan menyenangkan. Hal ini membuat anak-anak tidak merasa bosan selama kegiatan ”Pameran Pengenalan Lingkungan Pendidikan”. Anak-anak SMP/ MTs juga sangat senang karena diperbolehkan mencoba alat-alat dari Laboratorium Teknik Kendaraan Ringan,Teknik Sepeda Motor, laboratorium Administarasi Pubik dan Laboratorium Akuntasi. Dilihat dari awal, pertengahan, hingga akhir acara murid SMP/ MTs yang mengikuti kegiatan “Pameran Pengenalan Lingkungan Pendidikan” dari SMK Pasundan Jatinangor sangat antusias dalam mendengarkan materi yang di berikan oleh Guru dan Siswa SMK Pasundan Jatinangor. Selain itu, mereka juga aktif dalam bertanya. Hal ini menandakan bahwa materi yang disampaikan sangat menarik dan juga minat untuk melanjutkan ke SMK Pasundan sangat tinggi. (agus)

TerPopuler