TMMD 119 Kodim Gowa Resmi Di Tutup, Wujud Nyata TNI Mempercepat Pembangunan Di Pedesaan -->

TMMD 119 Kodim Gowa Resmi Di Tutup, Wujud Nyata TNI Mempercepat Pembangunan Di Pedesaan

20 Mar 2024, Maret 20, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Gowa-Irdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, S.Sos., M.I.P. Selaku Inspektur Upacara secara resmi menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun Anggaran (TA) 2024 di lapangan Sepakbola Pemuda 1 Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang Kab. Gowa, Rabu (20/03/2024).

Seperti diketahui Program TMMD ke-119 TA 2024 resmi dilaksanakan di Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang pada, Selasa (20/02/2024) lalu. TMMD sebagai wujud nyata sinergi dan kolaborasi lintas sektoral antara TNI dengan Pemkab Gowa dalam mempercepat pembangunan di pedesaan.

Dalam kesempatan itu Irdam mengatakan, kegiatan TMMD adalah kegiatan kolaboratif dan sinergis antara Pemerintah dengan TNI juga unsur lainnya yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan desa, hal tersebut sejalan dengan tema kali ini yaitu "Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah"..

“TMMD ini adalah bentuk kolaboratif dan sinergis lintas sektoral dalam mempercepat pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan ke-manunggalan antara TNI dan rakyat,” katanya.

Dijelaskannya, TMMD ini juga merupakan upaya untuk memberikan motivasi sekaligus stimulan kepada masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran seluruh warga untuk mempertahankan semangat kebersamaan dan gotong royong, serta mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya lokal yang dimiliki.

Program ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat yang dituangkan dengan cara melaksanakan pembangunan di daerah sebagai salah satu wujud karya nyata yang dilaksanakan secara terpadu bersama pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Irdam berharap, hasil pembangunan dalam program TMMD baik fisik maupun non fisik dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya atas dedikasi dan kerja keras para prajurit TNI-Polri, aparat Pemda serta komponen masyarakat lainnya, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar

Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir, S.I.P dalam laporannya mengatakan dalam TMMD tersebut ada 3 sasaran utama yaitu sasaran fisik, sasaran non fisik dan sasaran tambahan Program Unggulan Kasad. Sasaran fisik berupa pembangunan Pengerasan Jalan 2.000 meter dan Pembuatan Plat Duicker sebanyak 2 buah di Desa Panaikang, Untuk sasaran non fisik kita memberikan penyuluhan Tanaman Pangan dan Holtikultura, penyuluhan Kesehatan serta penyuluhan hukum dan Kamtibmas kepada Masyarakat.

“Untuk Sasaran Tambahan Program Unggulan Kasad yaitu Hanpangan penanaman Jagung, Rehab RTLH, Penanaman pohon. Manunggal air bersih, Perbaikan Masjid serta Perbaikan Sekolah Dasar dan sebagai penutup kami memberikan Paket Sembako untuk keluarga Stunting dan kurang mampu,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Kegiatan Penutupan TMMD Ke -119 H. Abd. Rauf Malaganni, S.Sos., M.Si Wakil Bupati Gowa, Kolonel Pas I Komang Doni AW Kadispotdirga Lanud Sultan Hassanudin, Kolonel Arh Suaib Kasi Ter rem 141/Tp, Letkol Inf Hari Eko Sutrisno Aster Kasdivif 3 Kostrad, Letkol Laut Jimirifes Kadispotmar Lantamal Vl/Makassar, Mayor Arh Edwin Hermawan, S.H.,M.A.P Danyon Arhanud 16/SBC, Kompol Darwis Kabag Ops Polres Gowa, Andi Pangerang Suaib, SE. Camat Pattallassang, dr. Gandi Iswanto, S.Kep.,Ns.,M.Kep Kepala Puskesmas Paccellekang, Para Tomas, Toga, Ormas dan Masyarakat Desa Panaikang.

(Red)

TerPopuler