Alih Teknologi Bidang Peternakan Domba Desa Pawenang Mengandeng Fapet Unpad -->

Alih Teknologi Bidang Peternakan Domba Desa Pawenang Mengandeng Fapet Unpad

3 Mei 2024, Mei 03, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Bandung-Dalam upaya meningkatkan mutu dan kuwalitas peternakan rakyat, pemerintah desa (Pemdes) Pawenang Kecamatan Jatinunggal  mengandeng  Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran  untuk memberikan pelatihan Peternakan Domba  bagi Masyarakat dan Kelompok Ternak Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal   pada hari Kamis (2/05/2024) bertempat di Aula Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal.

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan Budidaya Ternak Domba demi Mewujudkan Ketahanan Pangan adalah Prof.Dr.Ir. Hidayat Tanuwiria,M.Si.,IPU,   Dr. Iin Susilawati, S.Pt., MP,  Ir. Atun Budiman, M.Si  dan  Ir. An An Nurmeidiansyah, S. Pt., M.S., IPM dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Menurut Dede Tahya, Kepala Desa (Kades) Pawenang, Saya atas nama Pemdes Pawenang mengucapkan terima kasih kepada Fapet Unpad yang telah menugaskan Guru Besar dan Dosen untuk memberikan ilmu dan Teknologi dalam bidang peternakan Domba dan Pakan Domba, untuk wilayah Kecamatan Jatinunggal program kegiatan pelatihan Budidaya Ternak Domba Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan yang menggandeng Fapet Unpad   ini mungkin pertama di tahun 2024. 

Dalam program kerja desa dilaksanakan  kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi peternak domba yang ada di Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal.
“Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kuwalitas peternak terutama di dalam budidaya ternak domba serta lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak untuk bridding dan usaha penggemukan dalam mewujudkan ketahanan pangan”ujar Dede Tahya.
Dede Tahya menambahkan “Mudah mudahan Masyarakat Pawenang dapat berternak domba dengan baik dan dapat menerapkan teknologi di bidang peternakan domba sehingga peternakan domba di Desa Pawenang dapat berkembang dengan pesat yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan 

adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Yang ada di Desa Pawenang. Program kegiatan yang digelar ini bisa ditingkatkan dan berkelanjutan dan Alhamdulilhah masyarakat yang ikut kegiatan sangat banyak sehingga di harapkan dalam pelatihan ini dapat meningkatkan skil dan sumber daya masyarakat dalam beternak domba ke depannya serta akan meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat, dan suatu saat Desa  Pawenang  di harapkan bisa  menjadi sentra peternakan domba. 

Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak  yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Pawenang   sehingga hasil yang di capai pun maksimal. 

Pada pelatihan pembuatan pakan ternak ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi”.
Prof.Dr.Ir. Hidayat Tanuwiria,M.Si.,IPU mengatakan “Fapet Unpad datang ke sini atas Undangan dari Pemdes Pawenang untuk memberikan ilmu dan teknologi tentang manajeman peternakan domba dan Teknologi pakan ternak domba, yang jadi masalah peternakan domba di desa pawenang adalah pengadaan pakannya, karena secara tidak langsung kalau kita mau budi daya domba maka kesediaan pakan harus di perhatikan, oleh karena itu karena Kami dari Fapet Unpad memberikan teknologi tentang Manajemen Peternakan Domba dan teknologi pakan ternak domba, dengan harapannya supaya peternak di desa pawenang tidak lagi kesulitan dalam pengadaan pakan jadi peternak tidak tiap hari ngarit yang menghabiskan waktu kami memberikan solusi dengan pemberian pakan silase yang tidak tiap hari harus ngarit”.

Sementara Ir.An An Nurmeidiansyah,S.Pt.,M.S.,IPM. dalam pemaparanya lebih menekankan untuk berbagi pengalaman, Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat Desa Pawenang yang beternak Domba untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain untuk pembibitan, bridding  atau penggemukan.
Sehingga dalam melakukan usaha peternakan budi daya domba  peternak  desa Pawenang sejak awal diharapkan mampu memilih bibit yang bagus, management pakan dan kandang yang bagus serta menyesuaikan dengan potensi lokasi yang ada.

Sedangkan Dr.Iin Susilawati,S.Pt.,M.P.,  yang menyampaikan materi dengan judul Jenis Jenis Pakai Hijauan Untuk Menunjang Produktifitas Ternak,  tentang macam macam rumput untuk pakan ternak dan  cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan dan menyiapkan bahan. Kemudian langkah membuat pakan fermentasi serta  menyiapkan pakan sudah bisa diberikan kepada hewan ternaknya.
“Hijauan pakan adalah produk yang dihasilkan dari tanaman pakan atau tumbuhan lain yang menghasilkan biomasa dan berklorofil yang dapat berfungsi sebagai hijauan pakan, sehingga hijauan pakan dapat diperoleh dari semua tanaman pakan atau tanaman lain seperti jagung, jerami padi, kakao, pelepah kelapa sawit, pelepah pisang, pelepah sagu dan lain-lain, Hijauan pakan berperan sangat penting baik secara strategis maupun teknis dalam upaya mengembangkan ternak ruminansia. Sebagai sumber utama serat kasar, pakan hijauan dari jenis rumput dan legume mampu mensuplai kebutuhan protein bagi ternak domba atau sapi.
Setelah pemaparan teori oleh para narasumber dilanjutkan dengan acara praktek pembuatan fakan fermentasi dengan di pandu oleh Ir. Atun Budiman, M.Si  dari       Fapet Unpad.

(agus)

TerPopuler