Cegah DBD Sejak Dini; UPT Puskesmas Sawah Lega dan Cicalengka Gelar Lokarya Triwulan Sosialisasikan Pencegahan DBD -->

Cegah DBD Sejak Dini; UPT Puskesmas Sawah Lega dan Cicalengka Gelar Lokarya Triwulan Sosialisasikan Pencegahan DBD

7 Mei 2024, Mei 07, 2024
Pasang iklan
Aspirasijabar || Cicalengka - UPT Puskesmas  Sawah Lega Kecamatan Cicalengka gelar lokakarya Triwulan tahun 2024. Sosialisasikan Pencegahan dan penangan DBD di wilayah kerja Puskesmas Cicalengka. Bertempat di aula Kantor Kecamatan Cicalengka. Selasa(7/5/2024)


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapus Sawah Lega, Pokja desa Puskesmas, Camat Cicalengka, Kasi Pemberdayaan Kecamatan dan para  kepala desa se-kecamatan Cicalengka dan tamu undangan lain yang hadir di acara tersebut.


Penyebaran nyamuk Aedes aegypti ini sangat mudah terjadi di daerah-daerah dengan iklim tropis, seperti Indonesia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab tingginya kasus DBD di Indonesia, terutama saat musim hujan. Pasalnya curah hujan tinggi cukup mendukung jenis nyamuk ini untuk berkembang biak dengan baik.


"Kata Dr Wulandari M.H., Kapus Cicalengka, Ada beberapa kasus yang terjadi di desa  Panenjoan tenjolaya dan desa Cicalengka Wetan,

Maka itu perlu pencegahan maksimal jangan tergantung sama fogging karena Zat nya juga cukup berbahaya bagi tubuh, upayakan manual saja, dengan melakukan 3m, 


"Dengan menguras, menutup dan memanfaatkan barang barang bekas yang tidak digunakan, dan terus lakukan pembersihan sarang nyamuk di rumah masing masing secara berkala.


Karena keterbatasan Pokja di desa, pemberantasan DBD belum bisa efektip harus di tambah lagi kader- kader Pokja baru agar maksimal dalam penanganannya. 


Harapan kami kata Kapus, penganggaran kegiatan pelatihan pemberantasan nyamuk demam berdarah. Bisa di alokasikan dari dana desa jangan mengandalkan dari dinkes saja, supaya bisa berjalan sesuai harapan, pungkas Kapus


TerPopuler