Gelar BIMTEK Pengolahan Hasil Peternakan Dalam Rangka Tingkatkan Kualitas dan Keamanan Produk Hasil Peternakan -->

Gelar BIMTEK Pengolahan Hasil Peternakan Dalam Rangka Tingkatkan Kualitas dan Keamanan Produk Hasil Peternakan

28 Mei 2024, Mei 28, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Bandung-Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (UNPAD) berkerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia mengadakan Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Olahan Susu secara hibrida.

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan selama 2 hari yang dilaksanakan pada tanggal 28 -29 Mei 2024 bertempat di Laboratorium Teknologi Pengolahan Produk Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dan dilanjutkan dengan kunjungan ke PT Susu KPBS Pangalengan pada Kamis, 30 Mei 2024. Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Asdep Pengembangan SDM UKM Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementrian Koperasi dan UKM Rhenaldy, SE., MBA. 

Pelatihan diisi oleh teori dan praktik membuat produk olahan susu berupa sabun susu, kerupuk susu, dodol susu, yoghurt, kefir, minuman sari buah berbasis whey, karamel, mentega dan keju mozzarella.

Acara hari ini diikuti oleh Koperasi dan Pelaku Unit Usaha Kecil seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara luring dan daring yang dihadiri oleh Dr. Ir. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., IPM. (Dekan Fakultas Peternakan), Rhenaldy, SE., MBA. (Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Deputi Bidang UKM Kemenkop), dan narasumber dari Fapet Unpad yaitu Dr. Ir. Lilis Suryaningsih, M.Si., Dr. Ir. Jajang Gumilar, S.Pt. MM, IPM., Dr. Wendry S. Putranto, S.Pt., M.Si., Dr. Eka Wulandari, Ir. Andry Pratama, S.Pt., MP., IPM., dan Dicky Tri Utama, S.Pt., Ph.D.
Dr. Ir. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., IPM. (Dekan Fakultas Peternakan) 

dalam sambutannya mengatakan “Selamat datang kepada para peserta bimtek hibrida di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran baik secara luring maupun secara daring. Selamat manfaatkan ilmu yang didapat dari Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas pengolahan hasil peternakan sehingga dapat memajukan usaha Bapak dan Ibu”.

“Pelatihan ini merupakan wujud dari tugas kami sebagai akademisi yang mempunyai kewajiban tridharma baik itu pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, dan pelatihan ini merupakan wujud dari tugas kami yang berkerjasama dengan Kemenkop UKM RI yang sudah berjalan selama 3 tahun. Bimtek kali ini lebih menitikberatkan pengabdian kepada masyarakat. Dosen sebagai jembatan keilmuan yang ada di Fakultas Peternakan supaya dapat mentransfer ilmu yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas produk olahan hasil ternak yang bernilai komersil”, ujarnya.

Rahmat menambahkan “Pelatihan ini untuk menambah kompetensi para pelaku UKM serta meningkatkan kualitas hasil peternakan yang mereka hasilkan, jadi para pelaku UKM dapat menghasilkan produk yang berkualitas sesuai standar dan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Konsumsi olahan hasil peternakan dapat memberikan asupan gizi sehingga dapat meningkatkan kesehatan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya.

Sementara itu Asdep Pengembangan SDM UKM Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementrian Koperasi dan UKM Rhenaldy, SE., MBA. mengatakan “Saya atas nama Lembaga dan Pribadi mengapresiasi dan berterima kasih atas diselenggarakannya Bimtek oleh Fapet Unpad yang telah berkerjasama dengan Kemenkop UKM RI ini sebagai sarana untuk meningkatkan SDM dalam pengolahan hasil peternakan bagi para pelaku UKM. Adanya Kampus UKM adalah terobosan konsep pendidikan dan pelatihan yang memanfaatkan teknologi informasi dan digital.

Ana Peserta Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Olahan Susu mengatakan “Allhamdulillah setelah mengikuti Bimtek Pembuatan Produk Olahan Susu saya dan teman teman banyak mendapatkan ilmu baru untuk megembangkan produk yang saya jual, mudah mudahan setelah mendapatkan ilmu ini usaha saya semakin berkembang dan semoga kegiatan ini terus berlanjut untuk dapat mengembangkan UKM UKM yang lainnya”.(ags)

TerPopuler