Header Ads

Polres Gelar Rapat Tehnis Penyelenggaraan Pengamanan di Malam Pergantian Tahun



Aspirasijabar.net - MOROTAI, Polres Pulau Morotai gelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk menyamakan persepsi terkait tehnis pengamanan Tahun baru 2020. Bertempat di Ruang Aula Polres Pulau Morotai, Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Senin malam, 30 Desember 2019, tepatnya Pukul 21.15 WIT.

Penyampaian Kapolres Pulau Morotai AKBP Andri Hariyanto,S.I.K. Bahwa maksud dan tujuan dari rapat ini adalah menyamakan Persepsi tentang penyelenggaraan pengamanan Dalam menjelang Tahun Baru 2020.

Lanjutnya, Kegiatan ini sudah sering dilaksanakan namun kita tetap harus waspada dengan ancaman-ancaman yang dapat mengganggu Kamtibmas.

"Kita fokuskan pengamanan di tempat perkumpulan orang banyak atau pusat keramain yang biasa berada di Morotai," katanya

Dikatakan juga, disini kita membahas siapa, bagaimana, apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan pengamanan tahun baru nanti.

"Kita membahas bagaimnaa proses pengamanan tahun baru ini dapat berjalan lancar sampai dengan acara selesai," Terangnya

Saya harapkan, Ucap Andri, semua nya terorganisir dan saling mengerti siapa komandannya, dalam satu pos berapa orang, intinya kita saling bekerja sama.

Pada kesempatan itu, Kadis Pariwisata Ida Arsad, menyampaikan dalam mengelola sebuah event menyambut tahun baru butuh koordinasi Lintas Sektor untuk pengamanan.

Dikatakan, pesta rakyat menyambut Tahun Baru adalah event  Terakhir dalam Rangkaian Event Festival Morotai 2019. Untuk itu, acaranya dikemas dalam Refleksi ahirtahun berupa Hiburan Rakyat dan pesta Kembang api.

"Saya berharap kita bisa saling bekerja sama untuk membicarakan hal-hal berkaitan tentang pengamanan Tahun Baru 2020 demi kelancaran acara ini," Pintanya.

Lebih mempertegas pusat pengamanannya, Kabag Ops Polres Pulau Morotai, AKP Didik CB,
mengatakan denah pengamanan yaitu terpusat di pusat acara pesta rakyat yakni Lokasi Sail Morotai di Desa Juanga.
  
Ia sebutkan, jumlah personil pengamanan menyambut Tahun baru 2020 ada 200 Orang yang terdiri dari TNI-AD 20, TNI-AL 20, TNI-AU 20, Polres 100, Satpol PP 20, Dan Dishub 20 Orang.

Sementara Dandenpomal Morotai, Kapten Laut ( PM ) Ahmad Haikal, mengusulkan agar dalam tempat acara harus ada Air dan WC Umum. Karena, kita belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, Ucapnya, harus ada Posko Kesehatan dalam memperlancar pengunjung untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam acara tersebut.

Sekertaris Dishub Pulau Morotai, Zulkifli, menyampaikan soal rekayasa lalu lintas di lokasi acara.

"Akan ada pengalihan Arus dan Lahan parkir. Untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas dalam acara nanti. Untuk Tamu VVIP akan ada jalur tersendiri dan harus steril sehingga proses acara dapat berjalan sebagai mana mestinya." Terangnya

Sementara Kaban Kesbangpol Pulau Morotai, Lauhin Goraahe, mengutarakan harus ada pengamanan di Mabes Atau kediaman Bupati karena tidak menutup kemungkinan ada yg ingin berfoto dengan artis. Selain itu, harus di perketat pengamanan di Wilayah VVIP untuk memperlancar acaranya.

Pada kesimpulannya, Waka Polres Morotai, Kompol Drh. Dedi Wijayanto, meminta agar sebisa mungkin tim pengamanan bekerja sama untuk memperlancar kegiatan ini supaya kedepan kita bisa menyelenggarakan event-even lagi.

Menurutnya, inilah guna dari pertemuan ini. Agar permasalahan serta kendala dilapangan kita telah bahas bersama dan pecahkan bersama dalam rapat ini sesuai dengan pengalaman yang perna kita alamai. Semuanya bertujuan untuk menciptakan kelancaran selama acara dan event ini berakhir dengan aman, nyaman dan sukses.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pulau Morotai AKBP Andri Hariyanto,S.I.K. Hadir dalam giat itu, Wakapolres Pulau Morotai Kompol Drh. Dedi Wijayanto, Kabag Ops Polres Pulau Morotai AKP Didik CB, Danden POMAL Lanal Morotai Kapten Laut ( PM ) Ahmad Haikal, Ka Intel Lanud Leo Watimena Kapten Sus Fikri, Kasat Intelkam Polres Morotai Ipda Abdurahman, kaban Kesbangpol pulau Morotai Lauhin Gurahe, Kasatpol PP  Djunaidi Soamole STP, Bati Ops Kodim Persiapan Morotai Serka Melki, Seekertaris Dishub Pulau Morotai Zulkifli, Kadis Parawisata Ida Arsad dan Kabid Damkar Satpol PP Pulau Morotai, S. Fara(oje)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.