Babinsa Koramil 01/Tenggarong Bantu Panen Kacang Tanah -->

Babinsa Koramil 01/Tenggarong Bantu Panen Kacang Tanah

27 Feb 2020, Februari 27, 2020
Pasang iklan







Aspirasijabar.net - Tenggarong, Babinsa Koramil 01/Tenggarong Kodim 0906/Tgr  Sertu Sarikudin membantu memanen kacang tanah di lahan milik Bapak Toho (60 tahun) warga Jalan Hulu Gading Dusun Lamin Datu, Desa Bendang Raya,  Kecamatan Tenggarong,  Kabupaten Kutai Kartanegara,  Kamis (27/02/2020).

Sertu Sarikudin mengatakan aksi panen itu dilakukan pada areal tanaman kacang tanah seluas kurang lebih seperempat hektare.

Tanaman kacang tanah yang dipanen merupakan hasil jerih payah Bpk Toho bersama Babinsa serta beberapa warga sekitar, selama tiga bulan yang dimulai dari penyiapan, penanaman, perawatan sampai panen secara bergotong-royong itu.

Lahan pertanian di wilayah binaan Babinsa Desa Bendang Raya,  Koramil 01/Tenggarong itu lebih banyak ditanami komoditas kacang tanah.

"Menyiasati musim tanam kali ni, kami memang mengandalkan kacang tanah, bukan tanpa alasan, teknis penanaman kacang tanah ini hanya sekali memerlukan air yaitu pada saat awal penanaman saja. Selanjutnya dirawat saja sampai menunggu masa panen, dan ini dirasa cocok dengan cuaca saat ini, dimana curah hujan turun tidak menentu," ujarnya.

Sementara itu, Toho selaku pemilik lahan pertanian mengatakan bahwa tanaman kacang tanah yang dipanen sudah berumur 90 hari dan sudah waktunya dipanen.

"Lahan yang digarap ini adalah upaya dari Babinsa di kampungnya yang selalu aktif memberikan motifasi dan semangat bercocok tanam yang baik. Bahkan tak sungkan-sungkan selalu bersama-sama warga menggarap lahan dari awal sampai akhir tanam," ujarnya.

"Terima kasih dengan upaya adanya pendampinga dari Babinsa yang telah memberikan motifasi kepada kami dari masa tanam sampai saat panen tiba," sambung Bpk Toho.

TerPopuler